Semalam di Myeongdong Street

Assalammu'alaykum Reads,

Gimana udah baca pengalaman #Anggidan Korea belum ? Kalau belum mungkin bisa mulai baca dari Winter di Korea karena di sana gie cerita kenapa sih bisa sampai ke Negeri Ginseng 😁 karena seperti kalian tau, gie mah kan yak maunya ke negeri tirai bamboo. Alhamdulillah, Allah kasih gie rezeki banyak banget 😍. Lanjutan cerita #AnggidanKorea gie mau cerita kalau gie menghabiskan Semalam di Myeongdong Street.

Actually gie gak ada rencana ke Myeongdong sebenernya, karena gie juga gak tau mau kemana lagi. Berhubung Irwin dan Cece ngajakin ya gie manut aja, anak tropis kalau kena winter apalagi di Korea bikin mager gitu. Maunya kruntelan di kasur aja gitu hahaha. But mereka memaksa *eaaa jadilah gie iyakan ajakan mereka ke Myeongdong.

Mencoba Subway di Seoul

Dari apartemen kita di Yangpyeong-ro jalan kaki menuju Seonyudo Station deket banget nggak sampai 5 menit, sekali dikasih tau rutenya gie langsung hafal. Dari Seonyudo kita menuju ke Yongsan Station ada 1x transit untuk ganti subway. Rutenya gimana, mohon maaf gie aja lupa karena yang baca jurusan (hangeul) dan map itu Irwin πŸ˜€πŸ˜‚


Alhamdulillah sampai dengan selamat di Yongsan Station, janjian di deket customer service depan Tours Le Jours yang gampang banget dicarinya. Yongsan mengingatkan gie sama KL Sentral di Malaysia tapi versi lebih besar, megah, modern, bersih dan DINGIN :)) Maklum aja namanya juga lagi musim dingin. Kalau gak salah malam itu minus 6 atau minus 7 gie lupa. 

Sampai di stasiun ditanyain sama Cece mau makan apa di Myeongdong - karena gak ada ide jadi ya gie manut aja sama pilihan Cece dan Irwin. Sebelum memutuskan makan dimana kita memutuskan menggunakan bus ke Myeongdong biar bias ngeliat Seoul di malah hari gitu. Kalau naik subway terus kan gak bias lihat-lihat pemandangan Seoul kalau malam.

Pengalaman Turis Naik Bus ke Myeongdong

Dari stasiun Yongsan kita keluar menyebrang jalan sampai ke (semacam) lapangan/taman kosong baru belok kanan dan menyebrang menuju Sinyongsan Station. Walaupun cece sudah cukup lama di Seoul tapi dia jarang ke wilayah ini dan menggunakan bus, jangan khawatir karena kita bisa mencari nomor bus tujuan dita di peta yang dipasang pada dinding halte.

Sinyongsan Station
Alhamdulillah, apa yang selama ini gie cuma lihat di layar kaca, youtube atau VIU menjadi kenyataan. Cobain naik bus di Seoul menyenangkan juga, apalagi sama citizen sana jadi semacam ada tourguide gratisan gitu wkwkwkwk. Oia, gie sengaja duduk paling belakang sama cece jadi bisa ngeliat jalanan lebih jelas dan merasakan seperti warga lokal.



Mohon maaf ya fotonya blur, soalnya busnya ndul-ndul jalannya wkwkwkk (ngertikan bahasanya πŸ˜‚). Sebelah gie ada warga lokal mirip di drama dah, pakai topi, masker, kuping disumpel headseat sambil tidur. Anggap aja ya gie lagi syuting Love in Seoul wkwkwkwk (ngarep). 

Gak begitu lama gie langsung sampai di sisi sebrang Myeongdong, untuk sampai ke area yang kita tuju melewati semacam tunnel (dan banyak TOKO). Tahan saudara, TAHAN.... tapi kalau nemu barang yang lucu langsung beli aja, belum tentu lewat jalan yang sama kan pulangnya (gie naik subway pulangnya).

Semalam di Myeongdong Street

Begitu memasuki kawasan yang kita tuju langsung banyak turis dan lucunya dimana-mana gie denger bahasa Indonesia πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜bangga dan berasa kayak bukan di Myeongdong Street jadinya LOL. Ada yang sama keluarga, sama pasangan atau bahkan bersama sahabat yang lagi jalan-jalan di Myeongdong.


Alhamdulillah kondisi gie better karena semalam tidur nyenyak dengan pemanas dan tentu setelah minum obat yang Mr Nam berikan (semacam aspirin) ditambah makan makanan yang cukup dan minum air putih yang cukup. Selama di Myeongdong Street yang jadi surganya para pecinta skincare dan makeup tentu gie belanja juga dong. 

Selama perjalanan gie sedikit browsing apa yang bisa gie beli di sini, tentunya sekalian bawa oleh-oleh buat adik-adik gie di rumah. Mereka sudah jauh hari pesan kaos kaki idol (BTS) jadi gie borong deh di sini. Beli 10 dapat 11 dan beneran jadi murah banget harganya, kualitas cukup baik kok jadi cocok kalau buat oleh-oleh.

Belanja Make up dan Skincare di Myeongdong Street

Kalau di sini tentu akan kalap dengan berbagai toko dengan merek yang sudah kita kenal maupun yang baru kita kenal di online atau melalui para beauty vlogger/blogger. Ada juga produk lokal yang gak kalah bagusnya, oia sepanjang jalanbanyak yang kasih sample gratis tapi kalau diambil jangan kaget kalau kalian akan "dipaksa" masuk ke toko mereka.

Bahkan satu merek bisa memiliki beberapa toko di sepanjang jalan ini. Kalau kalian gak tahan godaan bisa jebol dompet, kalau gie sendiri sih beli seperlunya aja jadi masih tahan godaan (karena dingin juga sih sebenernya).


Oia lebih enak bawa kantong belanjaan sendiri dan bawa cash secukupnya karena di sini less cash juga kebanyakan. Jangan lupa minta tax refund kan lumayan buat jajan di bandara atau bahkan beli skincare lagi (kayak gie) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Juga beli Luggage Tag dan ada baju/piama harga KRW10,000 dapat 2 (barang baru) lucu-lucu banget. Irwin aja sampai belanja buat istrinya dan Cece malah jadi belanja fashion paling banyak di sini.

Oia yang suka tea boleh coba Osulac cafΓ©, cuma gie gak terlalu suka teh buah jadi mengurungkan niat buat beli teh di sini. Beli teh ginseng di toko lain dan ternyata ENAK BANGET!

Street food di Myeongdong

Banyak makanan menggoda, beberapa ada logo halal dan ada yang tidak. Berbagai macam makanan yang menggoda untuk dibeli, bahkan cece sampai memaksa gie jajan karena gie bener-bener gak mau jajan cuma pengen lihat-lihat dan menikmati Myeongdong waktu malam saja.

Menurut youtuber (mualaf) asal Korea (Jay Kim) belum semua penjual di Korea mengerti konsep halal. Bahkan logo halal (kecuali yang terdaftar) yang mereka pasang belum tentu juga halal beneran. 

Kalau pendapat gie, kembali ke kita bagaimana keyakinannya. Karena jika dalam keraguan itu tidak baik dan sebaiknya ditinggalkan (oia di sini gie beli Hotteok - manis dan panas, enak deh).

Makan Malam di Myeongdong Street

Karena hari sebelumnya sudah makan sapi (seharian) jadi hari ini gie dan Irwin sepakat makan AYAM!!! Oia si Irwin pengen banget cobain Maekju yaitu makan ayam goreng khas Korea bareng Alkohol. 

Tenang saudara-saudara ku, kita gak minum alkohol kok tapi kita ganti soda HAHAHA. Bahkan gie memberanikan diri meemsan Cola dingin di sini, karena katanya memang enaknya makan ayam goreng sama minuman bersoda (bagi yang tidak minum alkohol).

Setelah bingung sana sini akhirnya Irwin memilih satu restoran ayam Korea yang tidak digoreng menggunakan minyak tapi menggunakan frying pan (katanya lebih sehat dan nikmat). Yah kalau gie mah manut aja secara gie beneran gak laper HAHAHA.



Selain Ayam goreng (2 rasa Ori dan Spicy) kita juga pesan chicken salad (ini mah gie yang kepengen) dan setiap resto yang gie datangi selama di Korea selalu ada banchan yang berbeda. Enaknya di Korea kalau banchan itu gratis jadi bisa refill berkali-kali (I Loved KIMCHI - bahkan pernah rebutan last kimchi sama Oko dan berakhir gie manyun πŸ˜‚)





Beneran sih gie makan dikit banget, karena masih kenyang HAHAHA makanya gie cuma pesen Salad Chicken πŸ˜πŸ˜‚ Tapi malam pas sampai Apartemen masih sempet minta ayam sama Irwin buat dimakan (sekitar jam 10) karena gie LAPER BANGET.

Kalau kalian mau tau belanja apa aja gie di Myeongdong, silahkan cek foto di bawah ini ya. Sekian dulu cerita gie Semalam di Myeongdong Street 😎


Wassalam,
swastikagie ^^

Comments

Popular posts from this blog

D'Moze Salon Karang Tengah CIledug

Pengalaman Pertama Naik Bus dari Melaka ke Singapura