Penerbangan ke Korea Selatan menggunakan Malaysia Airlines

Assalammu'alaykum reads,

Sudah masuk bulan februari 2020 aja nih, kalian ngapain aja sebulan kemaren ? Kalau gie sendiri kayaknya (sok) sibuk gitu sampai-sampai #AnggidanKorea masih belum diterusin. Padahal udah pada nanyain gie ke Korea naik apa, berapa biayanya dan nginep dimana. Postingan kali ini gie mau cerita soal Penerbangan ke Korea Selatan menggunakan Malaysia Airlines.


Bukan tanpa sebab gie memilih menggunakan Malaysia Airlines ke Korea Selatan, tentunya berdasarkan pertimbangan :

1. Jadwal Penerbangan Jakarta - Seoul by Malaysia Airlines

Jadwal alias waktu penerbangan dan transit penting bagi gie, karena gie pergi pada saat tahun baru (masehi) yang mana tentu sedang peak season tentu banyak penerbangan yang penuh. Karena gie ingin tiba sehari sebelum acara YLW Annual Conference jadinya gie memilih mencari penerbangan yang transit.

Dari sekian banyak penerbangan, hanya MH038 (KL-Seoul) yang memiliki waktu transit paling singkat, sekitar 90 menit kalau tidak salah. Karena sebelumnya gie sudah pernah ke KLIA jadi waktu transit mau ke Seoul gak terlalu bingung. Tinggal mencari huruf gate dan naik train, bahkan di sini gie sempat (menabung) dulu lho karena di penerbangan Jakarta - KL gie salah makan (Chicken Noodle) bikin perut gie gak enak.

2. Alasan Makanan Halal

Pilih Malaysia Airlines juga (insya Allah) makanannya halal, karena di tiket ditulis bahkan "barang yang memiliki kandungan pork" saja tidak diperbolehkan masuk pesawat. Jadi gie merasa lebih aman dan nyaman gitu karena makanan terjamin. Apalagi ini penerbangan jauh gie yang pertama dan sendirian.

Makan Siang

Chicken Noodle

Karena gie sudah makan siang pada penerbangan Jkt - KL, jadi saat penerbangan KL-Seoul diberikan snack dan  makan malam. Pilihan makanan di sini pun ada Melayu dan Korea, jadi kita bias pilih sesuai dengan kesukaan atau ketertarikan kita.

Enaknya pas makan malam dikasih dessert es krim coklat :)) gie yang lagi migren (karena kedinginan) habis 4 pcs (sebungkus) dan setelahnya migren hilang (bilang aja pengen yang manis-manis) 😂😁

Dinner KL-Seoul

Dessert

3. Harga Tiket

Tentu karena gie pergi pas tahun baru 2020 harga tiket sedang tinggi-tinggi nya, karena libur panjang. Walau gie dibebaskan memilih maskapai manapun yang gie mau, tentu gie memilih yang sesuai kantong dan selera gie, sempat mau naik Thai atau SQ tapi sayangnya waktu gak cocok.

Hampir pilih China Airlines juga karena gie mau mampir ke Tiongkok dulu tapi lagi-lagi waktu penerbangan belum sesuai. Daripada gie sampai ke Seoul pagi-pagi dan siangnya gie presentasi di YLW Annual Conference - gie lebih memilih melewatkan lay over di beberapa negara *eaaa

4. Audio Visual

Selama Penerbangan dari KL-Seoul gie dimanjakan sama beragam pilihan film masa kini dan everlasting, saking kangennya gie sama Mulan, dua jam sebelum mendarat nonton Mulan sambil menikmati snack. Padahal film yang baru ada di Bioskop juga ada tapi tetep aja gie milih yang emang kepengen gie tonton ^^

Snack Sebelum Mendarat di Incheon

Proses Check-in Malaysia Airlines di Bandara Soekarno Hatta

Proses check-in nya mudah sekali, gie langsung ke konter H (?) dan dibantu langsung untuk Jkt-KL dan KL-Seoul jadi sampai KLIA gie gak harus repot check in ulang :))

Jadi waktu di T3 Bandara Soekarno Hatta gie udah langsung dapat 2 boarding pass ^^


Boarding Room Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta

Ini kali pertama gie terbang dari T3, biasanya di sini cuma turun aja jadi belum pernah ngerasain pengalaman foto di jendela boarding T3 yang (sempat) heits itu. Tapi bukan itu yang bikin gie penasaran, justru fasilitas dan took atau café apa yang ada di dalam serta HARGA paling penting.

Di dalam, setelah melewati imigrasi kita langsung belok ke kanan dan turun eskalator. Langsung disambut dua Duty Free yangs etelah gie cek harganya cukup terjangkau (mirip yang di Incheon atau Changi - yang gie cek harga KBeauty). Setelah turun tinggal lihat deh, karena gie Gate C (atau D - gie lupa) jadi gie harus putar balik dan menuju ke sisi satunya lagi.




Begitu putar balik dari escalator, gie langsung disambut Djournal Café - karena sudah sarapan bareng emak di Old Town jadi gie mengurungkan niat untuk jajan kopi di sini. Lagian gie gak mau kebanyakan kafein pada penerbangan (cukup) panjang pertama gie ini.

Selain banyak Toko, Café dan Restoran juga ada pojok bacaan, pojok mainan anak dan pojok pijat. Toilet pun ada di tengah dan cukup banyak jadi kalau ramai tidak usah khawatir. Enaknya lagi di sini karena jendelanya terbuat dari kaca semua jadi cahaya alami yang masuk banyak. Next time kalau jalan sama Oko pasti gie minta banyak difotoin disini 😂😁

Penerbangan ke Korea Selatan Menggunakan Malaysia Airlines

Buat gie menggunakan Malaysia Airlines ke Seoul bias menjadi pilihan yang (cukup) hemat. Penilaian gie adalah 8/10 karena semuanya hampir sempurna. Yang paling buat gie terharu adalah ketika kapten pesawat memeberikan pengumuman selalu menggucapkan salam baik di awal maupun di akhir. Tidak lupa dalam setiap perkataan selalu menyertakan Allah (Insya Allah).

Dalam perjalanan agak sedikit menganggu sebenarnya dua penumpang di depan gie, mbak-mbak demen banget mundurin kursi bahkan waktu makan. Udah dikasih tau masih aja bandel, betek sendiri (apoalagi gie juga kan lagi migren) sampai pramugari (ya ampun senyumnya gak lepas-lepas) mengingatkan.



Enaknya sebelah gie kosong jadi gie bisa tiduran dengan cukup nyaman, menggunakan 2 bantal dan 2 selimut. Sebenarnya gie bisa saja meminta aspirin kepada pramugari, tapi gie memilih minum air hangat untuk meredakan sakit kepala gie dan tidur. Waktu makan malam gie dibangunkan dan ditanya mau pilih apa, kalau tidak salah pilihannya Toppokki dan Nasi Lemak Rendang, gie pilih Toppokki untung porsinya tidak terlalu besar jadi gie bisa hamper habis.

Soalnya siangya udah makan Chicken Noodle rasa melayu, jadi gie mau milih makanan citarasa Korea sebelum sampai Korea. Alhamdulillah masih hangat dan gie bisa makan cukup banyak walau agak (terlalu) asam buat gie. Penerbangan ke Korea Selatan menggunakan Malaysia Airlines jadi pengalaman tidak terlupakan dan menyenangkan buat gie. 

Pro :
  1.  Harga Tiket Cukup Bersahabat
  2.  Makanan (Insya Allah Halal) & Lengkap dengan buah
  3.  Pramugari/ra dan Crew ramah dan helpful

Cons :
  1.  Aroma Pesawat sebelum terbang  aneh, kayak amis gimana gitu (kurang harum)
  2.  Take Off dan Landing agak kayak lagi naik wahana di Dufan
  3.  Bagasi cuma 23kg - buat gie yang ke Korea pas Winter mah kudu pinter menyiasati 😝😁

Wassalam,
swastikagie ^^

Comments

Popular posts from this blog

D'Moze Salon Karang Tengah CIledug

Pengalaman Pertama Naik Bus dari Melaka ke Singapura