Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan Bagi WNI

Assalammu'alaykum Reads,

Masih lanjut nih sama #AnggidanKorea - setelah berbagi cerita Penerbangan Ke Korea kali ini gie mau berbagi pengalaman yang sudah banyak ditanya dan ditunggu oleh kalian *GR 😁. Sebelum bepergian ke luar negeri, tentu yang harus kita perhatikan adalah : Apakah Negara Tersebut Bebas Visa bagi WNI atau tidak, nah berhubung gie mau ke Korea Selatan jadi gie butuh Visa.

Pulau Jeju memberlakukan bebas visa bagi WNI (tapi awal 2020 ini ada pemberitahuan tidak berlaku bebas visa akibat virus corona - COVID19) tapi untuk ke kota lain tetap membutuhkan visa. Jadi gie akan berbagi cara membuat visa bagi WNI. Makanya lanjutin terus baca Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan Bagi WNI

UIAM Lake - Chuncheon

Dokumen Pengurusan Visa Korea Bagi WNI

Perlu gie jelaskan dulu di awal, kepergian gie ke Korea (seoul) adalah undangan dari kantor pusat di sana, jadi mungkin akan ada sedikit perbedaan dokumen.

Nami Island

Dokumen Pribadi Yang Harus Disiapkan :

  1.  Paspor dengan masa berlaku setidaknya (masih) 6 bulan 
  2.  Copy Paspor
  3.  Pas Foto 3,5 x 4,5 sebanyak 2 buah (background putih) [Saran : mendingan foto di tempat yang sudah biasa foto visa dan bilang aja mau ke Korea, menghindari salah ukuran foto)
  4.  Form Visa Korea (silahkan download
  5.  Surat Keterangan Kerja (dalam Bahasa Inggris)
  6.  Bank Statement 3 bulan terakhir (Rekening Koran)
  7.  Slip Gaji 3 bulan terakhir atau SPT PPH 21 (Bisa salah satunya saja)
  8.  Copy KK (Jelas dan Lengkap)
Karena gie diundang ke sana oleh perusahaan, jadi dokumen Slip Gaji dan Form Visa sudah disiapkan tinggal diisi. Oia, gie mengurus Visa Korea Sendiri ya karena lebih mudah dan cepat serta hemat.

Kebetulan waktu akhir 2019 ada free biaya visa untuk ke Korea dan hanya membayar administrasi sekitar Rp. 196.000,- saja. Untuk biaya pembuatan visa secara lengkap kalian bisa cek disini supaya lebih update ^^

Dokumen Yang Harus Dilampirkan (Disiapkan Perusahaan)

  1.  Invitation Letter
  2.  SIUP Perusahaan 
  3.  Copy of Identity Guarantee (Korea)
  4.  Original of Company Sponsor Letter (English - Rep. Office)

Masa Berlaku Visa

Nah, sudah tau kan dokumen apa saja yang harus disiapkan dalam pembuatan Visa Korea Selatan. Selanjutnya gie mau kasih tau mengenai  Masa Berlaku Visa. Kalau gie sendiri mengajukan yang Single Visa yaitu untuk masa berlaku kunjungan dibawah 90 hari



Selain itu masih ada :
  •  Multiple Visa (berlaku untuk 5 tahun)
  •  Double Visa ( 2x masuk dan berlaku untuk 6 bulan)
  •  Lihat disini lengkapnya

Dimana Pengajuan dan Pembuatan Visa Korea Selatan ?



Sekarang membuat Visa Korea Selatan tidak perlu ke Kedutaan Besar Republik Korea lagi, tapi ke KVAC (Korea Visa Application Center) yang berada di lantai 5 Lotte Shopping Avenue. Berikut alamat KVAC :

Korea Application Center Indonesia
Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1 Unit 5F-05A Lt. 5
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 1 Rt. 18/Rw. 4 Kuningan - Jakarta Selatan
Phone : +6221 - 39504000 
Email : info@visakorea-in.com

Jam Operasional KVAC Indonesia

  •  Pengajuan Aplikasi Visa
    • Individu/Agen Travel : 09.00 - 15.00 WIB (Senin - Jum'at)
  •  Pengembalian Paspor/Pengambilan Visa
    • Individu/Agen Travel : 13.00 - 17.00 WIB (Senin - Jum'at) 

Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan Bagi WNI

Biasanya pembuatan visa memakan waktu sekitar 7 - 14 hari kerja, baik mengurus sendiri maupun mengurus dengan travel agen. Karena gie mengurus sendiri, sekitar senin 16 Desember 2019 gie ke KVAC sekitar jam 11 an sampai di sana dan langsung mengambil nomor antrian untuk pengajuan visa.

Oia, kalau kalian bingung isi form gak usah khawatir bisa tanya di sini karena ada petugas informasi yang akan membantu kita. Siang itu cukup ramai dan banyak loket jadi ada beberapa antrian, gie sendiri menunggu tidak terlalu lama langsung dipanggil, dicek kelengkapan dokumen dan diberikan kertas (struk?) untuk melakukan pembayaran visa Korea.

Seperti yang gie mention di awal kalau waktu gie membuat Visa itu sedang gratis, jadi gie hanya perlu membayar biaya Administrasi saja. Siapkan uang cash, karena di loket pembayaran hanya menerima uang cash.

Kalian juga bisa mengecek aplikasi visa kalian sudah diterima/tidak disini jadi gak perlu repot lagi bolak-balik KVAC. Alhamdulillah sih, sekitar seminggu kemudian Visa gie udah jadi dan gie tinggal ambil ke KVAC. 

Begitulah ceritagie Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan Bagi WNI kalau kalian gimana reads ? Share dong pengalaman kalian buat Visa ke Luar Negeri ^^




Wassalam
swastikagie ^^

Comments

Popular Posts