Menjemput Asa Berbakti Pada Negeri Menjaga Kedaulatan Indonesia.

Assalammu'alaykum,

Aku berasal dari keluarga sederhana, ayahku seorang buruh harian lepas dan ibuku seorang ibu rumah tangga. Aku anak pertama dari tiga bersaudara, sejak kecil aku selalu berusaha untuk bisa menjadi inspirasi bagi adik-adikku.

Walaupun aku dari keluarga sederhana, namun kedua orang tuaku mendukung cita-citaku untuk berbakti pada negeri. Ya, aku ingin menjadi benteng pertahanan negeri ini, penjaga kedaulatan negara. Ditengah keterbatasanku, aku pantang menyerah Menjemput Asa Berbakti Pada Negeri Menjaga Kedaulatan Indonesia.




Kisahku dimulai sejak aku cukup besar untuk mengerti, bahwa untuk menjadi seorang penjaga kedaulatan negara maka aku harus menjadi Tentara Republik Indonesia. Aku harus berkontribusi nyata, karena aku sadar untuk mewujudkan cita-citaku tidak bisa melalui bangku kuliah seperti kebanyakan teman-temanku. Orang tuaku tidak punya cukup biaya jika aku harus kuliah, dengan menjadi penjaga kedaulatan NKRI, aku bisa meraih cita-citaku sekaligus memberikan inspirasi kepada dua adikku.

Sejak SMP aku sudah melatih fisikku, mengingat untuk menjadi seorang anggota TNI harus memiliki fisik yang sehat, kuat, otak yang cerdas dan tentunya jiwa korsa dan cinta tanah air yang tinggi. Selain olahraga, menjadi anggota Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) menjadi salah satu kegiatan di waktu luangku.


Begitu masuk SMA di tahun 2010, aku pun menfokuskan diriku untuk bisa terpilih menjadi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) minimal tingkat kabupaten. Karena, dengan menjadi Paskibraka aku akan mendapatkan beasiswa dan pelatihan 'gratis' sebagai persiapan ku untuk mengikuti seleksi anggota TNI kelak.

Ternyata aku lolos ke tingkat propinsi, di sini pengalamanku mengenal keberagaman suku, bahasa, warna kulit mulai pertama kalinya. Aku berkenalan dengan teman-teman dari berbagai kabupaten dan kota, yang bahkan namanya saja baru aku dengar. Menjadi paskibraka mengajarkanku akan toleransi, tanggung jawab dan cinta tanah air semakin kuat.

Menjemput Asa Berbakti Pada Negeri Menjaga Kedaulatan Indonesia


Pada tahun 2013 setelah tugasku tahun sebelumnya, kami menjadi senior dan membantu senior-senior kami lainnya untuk mendidik dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan sesuai pancasila kepada junior kami. Selain kepada internal anggota kami, kami pun turun ke masyarakat mengabdi kepada kabupaten/kota yang telah mengirim kami dengan ikut serta pada setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintahan daerah.

Suatu malam, aku masih ingat bersama dengan ketiga sahabatku yang memiliki cita-cita yang sama denganku mengobrol bersama senior-senior kami. 

"Apa cita-cita kalian ?" seniorku bertanya

"TNI teh" serempak kami menjawab

"Hebat, mau daftar dimana ?"

"Catam tahun depan teh." jawab salah seorang temanku

"Kenapa Catam (calon tamtama) ?" seniorku kembali bertanya

"Karena paling gampang teh, kita kan lulusan SMA." jawab temanku yang lain

"Hmm...gini ya, menurut teteh sebaiknya kalian mendaftar itu dari yang paling tinggi - akmil. Karena cita-cita itu gratis dan berdoa itu gratis, pasanglah cita-cita setinggi langit diiringi usaha dan do'a Insya Allah hasilnya akan maksimal."

Aku dan ketiga temanku mengangguk, dalam hati aku membenarkan apa yang senior ku katakan. 

Perjalananku tidak selalu mulus, begitu lulus sekolah 2013 aku langsung mengikuti tes seleksi calon anggota TNI, sayangnya aku tidak lolos. Aku tidak patah semangat sambil mengisi waktu luang, mempersiapkan fisik dan otakku aku pun bekerja. Menjadi petugas koperasi sebuah smp negeri hingga bekerja di restoran ayam bakar pernah aku lakukan.

Mimpiku tidak mati, justru dengan bekerja di beberapa tempat aku menjadi makin mengerti bahwa sesungguhnya rakyat Indonesia itu sangat kuat akan rasa persaudaraan, kesatuan dan toleransi terhadap sesama. Sampai akhirnya pada tahun 2014 kedua temanku sudah berhasil lolos seleksi, jujur saja saat itu aku cukup down karena masih terjebak kegagalan 😔

Aku tidak berlama bersedih, aku kembali bangkit dan di tahun 2015 aku berhasil mewujudkan cita-citaku. Aku berhasil Menjemput Asa Berbakti Pada Negeri Menjaga Kedaulatan Indonesia. Pendidikanku di mulai di Jakarta, kota yang cukup asing bagiku. Masih kuingat ketika pertama kali tes aku hampir hilang, hanya membawa uang sangat sedikit dan hampir putus asa. Tapi aku teringat kedua orang tuaku, adik-adikku dan teman-temanku, semangatku kembali timbul and yes I did it.


Indonesia Memanggil

03 Februari 2016 aku dilantik menjadi Sersan Dua Angkatan Darat dan langsung ditempatkan di sumatera. Jujur aku cukup kaget, tapi sejak awal aku sudah persiapkan diriku untuk berada dimanapun Indonesia memanggil.

Belum lama aku menjadi anggota TNI, namun aku sadar bahwa menjaga kedaulatan negara tidak hanya dari TNI dan Polri, perlu adanya upaya-upaya komunikatif dan representatif kepada masyarakat secara langsung. Oleh karena itu adanya program Tentara Manunggal Masuk Desa, dimana kami membantu pembangunan desa baik dari infrastruktur, pendidikan, bahkan hingga ketahanan pangan.

Ibu Pertiwi adalah tanah airku, tumpah darakhu dan aku berkontribusi nyata untuk menjaga kesatuan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia. Apalagi ditengah isu radikalisme yang akhir-akhir ini memanas, aku merasa harus berperan aktif untuk bisa menjaga rasa kesatuan dan persatuan dalam diri generasi muda khususnya.

Oleh karenanya, aku menceritakan kisahku ini kepada kalian melalui seniorku agar beliau bisa menyebarkan konten kreatif hankam (pertahanan dan keamanan) dalam workshop yang diadakan oleh kominfo. Pesanku kepada generasi muda diluar sana "Jagalah selalu Persatuan, Kesatuan dan Cinta Tanah Air dalam dada kalian. Karena kita lahir dan tumbuh di tanah Ibu Pertiwi, sampai titik darah penghabisan kita harus menjaga Indonesia berdasarkan Pancasila."

Semoga ceritaku bisa memberikan inspirasi bagi kalian semua dan semakin menumbuhkan cinta kepada tanah air Indonesia. Sebagai generasi milenial, kita harus menjaga kedaulatan negeri, Indonesia yang kita cintai.



Wassalam,
#kontenkreatifhankam
#workshopkominfo

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^

My Instagram