Monday, December 3, 2018

Budget Hemat Jalan-Jalan Singapura 3 Hari

Assalammu'alaykum Reads,

Berhubung sudah masuk bulan Desember 2018, yang mana masuk semester genap dan anak sekolah lagi pada ujian akhir semester sebelum liburan (cukup) panjang. Gie mau kasih informasi Budget Hemat Jalan-jalan Singapura 3 Hari. Cukup banyak yang tanya ke gie :

Berapa sih budget liburan hemat ke Singapura ?

 Sebelum gie bahas, hemat di sini menurut gie relatif ya. Seperti yang pernah gie bagikan di postingan Jalan-jalan ke Singapura Bagi Pemula bahwa budget yang gie habiskan berdua dengan emak itu sekitar Rp. 5.130.000,- (SGD513 dengan kurs 2017 Rp. 10,000/SGD). Pada saat itu gie dan emak kunjungan pertama kali ke Singapura jadi gie juga milih nginep di daerah Geylang

Walaupun daerah Geylang adalah Red District Singapura tapi jangan khawatir, di Geylang banyak bertebaran Hotel Murah (terjangkau) dan makanan Halal serta Masjid. Makanya gie seneng banget tinggal di daerah sini, harga sewa apartemen di sini juga cukup terjangkau (bagi rombongan/keluarga besar). Pada 2017 yang lalu gie memilih menginap di Hotel Chang Zhiang  Singapura, dan sudah gie tulis mengenai review hotel murah di Geylang - Singapura.

Budget Hemat Jalan-Jalan Singapura 3 Hari


Lanjut kita bahas mengenai Budget Hemat Jalan-jalan Singapura 3 Hari apa aja sih yang perlu disiapkan dan berapa banyak yang harus kita habiskan dan bawa sebagai bekal. Lanjutin terus bacanya sampai ke bawah ya 😁

Tentukan Gaya Liburanmu

Ini penting, apakah kamu gaya ransel atau gaya koper ? Apakah kamu lebih nyaman di Hotel atau di Hostel, tujuan kamu liburan untuk jalan-jalan, belanja, wisata kuliner atau hunting foto keren ? Jangan lupa, apakah kamu pergi sendiri atau bersama teman, rombongan atau bahkan bersama keluarga ?

Jika kamu sudah menentukan maka kamu bisa langsung buat perencanaan Anggaran Liburan ke Singapura. Kenapa menurut gie gaya liburan penting ? karena akan menentukan seberapa besar uang yang kamu keluarkan selama liburan. Buat gie sendiri punya prinsip :

Biaya semurah mungkin namun senyaman mungkin.

Untuk hal ini tentu berbeda setiap orang, makanya gie kalau Jalan-jalan  biasanya menyesuaikan dulu gayanya gimana dan pergi sama siapa.

Anggaran atau Biaya Liburan

Nah ini harus dipastikan, salah satu contohnya gie akan berikan perhitungan sewaktu Changi Di Hati bulan Februari yang lalu.
  1. Pesawat Pergi (Jetstar) : Kamis, 01 Feb 2018 Rp. 544,900
  2. Hotel di Geylang : (02-03 Feb) 2 Malam Rp. 422,873
  3. Transportasi di Singapura : STP 3 Hari SGD30 (Sekitar Rp. 300,000)
  4. Pesawat Pulang (Air Asia) : Rp. 1,000,000 (ini jujur lupa banget, kalau nggak salah ga sampai 1,2 juta. Mahal karena emang udah deket sama Imlek.)
  5. Uang Saku : SGD107 (termasuk STP SGD30)
  6. Bagasi sekitar Rp. 125.000,- (bagi dua sama Mbak Nesa, beli yang 25kg)

Tujuan Wisata Selama Liburan

Kalau gie sendiri ke Singapura selalu cari objek wisata yang GRATIS atau dengan biaya seminim mungkin. Kenapa ? selain menghemat budget, Singapura terkenal akan banyaknya objek wisata yang bagus dan gratis. 

Oleh-oleh

Nah, ini sudah menjadi kebiasaan kita kayaknya (walau gie sendiri sudah mulai mengurangi). Karena oleh-oleh itu memberatkan lho, baik dari segi budget maupun bawaan. Walau gie pun akan tetap membawa oleh-oleh, kebanyakan sih emang yang bisa dinikmati sama-sama dan harga terjangkau. Sejak beberapa waktu belakangan gie selalu mikir panjang, kalau oleh-oleh makanan apakah gie mau dan suka makanannya, kalau minuman pun sama. Karena memberi kepada orang lain kan harus yang terbaik semampu kita.

Biasanya gie akan Beli oleh-oleh di Singapura kebanyakan makanan atau minuman. Karena gie pecinta coklat, teh tarik dan matcha, jadilah tiga barang ini yang gie beli sekalian buat oleh-oleh. Ini opsional ya, jangan dipaksakan karena akan memberatkan dan bikin kita nggak enjoy saat liburan.

Nah kalau kalian sendiri gimana ? Berapa Budget Hemat Liburan menurut kalian ? Sharing yuk ^^

Wassalam,Love ^^
gie

6 comments:

  1. Bujetnya sedengan, Mbak. Emang kayaknya ya seginian kalau 3 hari di SG. Mungkin bisa ditekan lagi kalau pesawat pulang agak murahan ya. Aku sempat dapat PP 1.200. PP pakek Jetstar waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, lihat waktu liburan juga sih. Kalau Akhir tahun sama pas Imlek bisa dipastikan pesawat PP mahal dan Hotel juga naik :')

      Delete
  2. Aku kemaren agustus harusnya jalan2 ke singapura, beli tiket jetstar 400k udah dari bulan februari. Eh, ternyata aku hamil dong. Dan gak boleh kemana2 sm dokter di bulan agustus karena hpl september. Sudah, gosonglah itu tiket. Tapi aku mau lah nyusun lagi rencana ke singapura, penasaran banget mau ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya kalau ke Negeri singa bisa ajak si kecil dong mbak ^^ menurut gie sih enakan naik Jetstar buat LCC tapi kalau mau merasakan Imigrasi yang serba otomatis memang harus naik maskapai di T4.

      Delete
  3. Thanks banget infonya sist, next trip mau coba nginep di Geylang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sis, cuss atuhlah jalan2 lageh. Nginep Geylang better yang ga ttl jaub dr Al Junied MRT/Bus biar ga geret2 koepr kejauhan wkwkwkwk.

      Delete

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email