Tuesday, November 27, 2018

Masjid Al Falah Singapore

Assalammu'alaykum Reads,

Makin dekat dengan akhir tahun, makin nggak sabar gie mau liburan. Insya Allah akhir tahun ini kembali ngajakin emak Jalan-jalan ke Singapore dan mampir ke Kuala Lumpur serta Malaka. Permintaan emak untuk kembali ke Malaysia setelah emak sempat merantau di sini beberapa belas tahun lalu. Kalau Singapore, karena gie juga ngajakin Vica dan permintaan dia untuk bisa ngeliat patung Merlion sekalian USS Sentosa Island. Insya Allah, semua sudah selesai di booking dan dipersiapkan, tinggal menjaga kesehatan dan menyelesaikan pekerjaan agar pada saat liburan tidak terbebani ^^.

Bercerita soal Masjid di Singapura, tentu kebanyakan dari kalian akan langsung mengingat Masjid Sultan yang tersohor itu. Jangan bayangkan di Singapura Masjid seperti di Indonesia ya, memiliki halaman dan pengeras suara ketika Adzan berkumandang. Tapi beberapa kali gie ke Singapore cukup mudah menemukan masjid, seperti di setiap wilayah ada masjidnya gitu, nggak susah kalau mau ibadah 5 waktu.



Hebatnya lagi, beberapa masjid yang gie kunjungi di sini (walau bukan di pusat kota) sangat bersih dan terjaga sekali kebersihan serta ketertiban. Salah satu contohnya adalah Masjid Al-Falah Singapore yang berada dekat dengan pusat perbelanjaan di Orchard Road Singapore ini.

Masjid di Singapore

Masjid Al-Falah Singapore berada dekat dengan pusat kota Singapura, lebih tepatnya berada di sebuah bangunan komersial di Bidefort Road No. 15. Menurut wikipedia, Masjid Al-Falah ini menempati gedung Chairnhill Palace Lantai 1 No. 1 yang membayar sekitar $1,7 juta untuk 99 tahun sewa. Secara resmi salah satu Masjid di Singapore ini dibuka pada tahun 1987 oleh Dr. Ahmad Mattar yang saat itu menjabat sebagai menteri lingkungan hidup dan menteri urusan muslim di Singapura.

Logo Masjid Al-Falah  Singapore sendiri dirancang oleh Tuan H Sanwan Rais, penamaan masjid ini berasal dari kata bahasa arab yang berarti "sukses". Masjid yang berdiri di tengah kesibukan kota Singapura ini mampu menampung hingga 1500 jamaah.

Pengalaman gie dan Mbak Nesa ke sana sungguh menggetarkan hati dan relung jiwa. Dimulai setelah kita makan siang dari Lucky Plaza dan mbak Nesa harus sholat ashar maka gie putuskan untuk mampir ke masjid ini. Cukup 2 menit jalan kaki santai dari Lucky Plaza kita sudah sampai di Masjid Al Falah Singapore.

Masjid Al-Falah Singapore

Di depan masjid ini terdapat Holiday Inn Express Orchard Road Singapore, kalau dari arah Lucky Plaza lurus aja sampai ketemu Grand Park Orchard (ada petunjuk kok). Begitu melihat bagunan masjid (jangan bayakngkan ada kubah dan halaman luas kayak Masjid Istiqlal ya) gie langsung brebes mili (mahasa keren buat berkaca-kaca terharu).

Oia, beberapa masjid di singapura tidak menyediakan mukena (Masjid Angullia di Little India hanya menyediakan sarung dan sajadah di ruang sholat wanita). Di Masjid Al Falah sendiri kalau gie nggak salah inget ada kok mukenah/telekung. Jadi nggak ada alasan menunda sholat ketika asyik belanaja di orchard road ya.

Pintu masuk masjid dipisahkan, di depan disediakan bangku dan tempat untuk meletakkan sepatu/sandal. Begitu melepas alas kaki, kita akan masuk ke sebuah pintu kecil (khusus wanita) dan naik tangga ke lantai 1. Setiap sudutnya dituliskan terjemahan Qur'an maupun Hadits dalam bahasa Inggris. Jika ingin berkunjung ke dalam masjid bagi non muslim perlu diperhatikan hal-hal berikut :
  1. Menggunakan Pakaian Sopan dan Tertutup
  2. Dilarang berisik dan menganggu jamaah
  3. Mematikan Handphone/dalam mode getar
Di dalam masjid ada beberpa fasilitas (selain ruang sholat) yaitu ruang berwudhu, sofa untuk duduk menunggu (terutama bagi yang sedang berhalangan sholat), toilet, ruang menyusui (ada dispenser segala), mukena/telekung, Al-Qur'an dan kursi lipat bagi jamaah manula yang kesulitan sholat sambil berdiri.

Banyak juga kok ibu-ibu dan remaja yang habis berbelanja melepas penat di sini, boleh istirahat atau sambil tiduran asal tidak di ruang utama sholat. Nah reads, share dong pengalaman kalian beribadah di luar negeri ^^

Model Impor dari Bandung ^^

Wassalam
Love ^^
gie

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email