Saturday, November 17, 2018

Kantin Bandara Changi Terminal 1

Assalammu'alaykum Reads, 

Kembali lagi ke postingan mengenai Singapura, khususnya bandara Changi. Kali ini mamtir akan kasih informasi dan rekomendasi untuk kalian semua yang mau makan murah dan halal di Changi Airport. Menjelang akhir tahun gini pasti banyak dari kalian yang akan libur panjang, siapa tahu kalian ada yang mau ke Singapura, tulisan ini bisa jadi sedikit rekomendasi 😊.

Kebanyakan kalau di Bandara kan kita cari makanan murah atau halal itu di restoran fast food. Nah berdasarkan informasi dari papih Tekno ada kantin karyawan di Changi Airport. Karena kita naik maskapai Jetstar dan mendarat di Terminal 1 bandara Changi, jadi kita mengunjungi Kantin Terminal 1 Changi Airport yang ada di B1 (Orchis Foodcourt).

Kantin Karyawan Changi Airport 

Makan Murah dan Enak di Kantin Karyawan Changi


"Food is tastier when shared with good friends"

Hari pertama di Singapura kita mendarat hampir jam 1 pagi. Setelah (drama) menginap di Bandara Changi, tidur nggak tenang (bukan mamtir) ngeliat turis buang baju ke tong sampah karena koper kepenuhan (kita bertiga sampai melongok ke tong sampah untuk memastikan lho 😅), mbak Turis dan mbak Nesa ngopi pagi (mamtir lanjut tidur dan jaga barang 😂😄) akhirnya kita pun memutuskan untuk bebersih (jangan tanya mandi dimana, karena kita hanya ganti baju, daleman, lap sana sini, sikat gigi dan sedikit make up).


Selesai bebersih kita memutuskan untuk segera sarapan, penting baget memulai hari dengan sarapan besar (mamtir) apalagi kita bakalan keliling bandara changi dan jalan-jalan.

Kantin Karyawan Bandara Changi

Letak kantin terminal 1 bandara Changi ada di B1 (atau B2 ya mamtir lupa 😂😅). Petunjuk arahnya gampang banget, dari arrival hall keluar ada Burger King ke kiri (ada papan patunjuk kok) sampai kalian keluar pintu kaca. Begitu keluar langsung belok kiri, jalam lurus dan turun tangga.

Tadaaa. . Kalian akan menemukan Kantin Terminal 1 Changi Airport yang ramai sekali. Begitu masuk, bagi yang muslim dan mencari makanan halal langsung belok kanan ya karena makanan halal ada di area kanan dan terdapat logo halal serta ditandai oleh peralatan makan berwarna hijau.

Di sini suasananya bersih, dingin dan bebas asap rokok. Jadi jangan samakan dengan beberapa kantin di Indonesia yang masih banyak orang merokok walau ber AC.

Satu lagi, makan di sini self service alias kalian bersihkan sendiri bekas makan dan diletakkan di tempat yang telah disediakan. Ingat jangan sembarangan meletakkan, karena makanan non halal (biasanya peralatan makan berwarna putih) dan halal berbeda tempat maupun penyuciannya. Nggak usah bingung, pada tempat peralatan makan yang kotor ada tulisan halal dan non halal kok jadi kalian nggak akan salah tempat.

Harga Makanan di Kantin Bandara Changi

Untuk harga makanan di kantin Bandara Changi menurut gie cukup murah, bagi karyawan dan umum ada perbedaan SGD1-2 setiap menunya. Salah satu tips dari mamtir adalah : isi dulu botol air minum dengan air sebelum makan ke sini. 

Menu Kantin Karyawan Bandara Changi

Untuk 1 porsi Nasi Ayam Singapur (Nasi Hainan) kalau nggak salah sekitar SGD6  (harga umum, bukan karyawan) yang mana saat feb 2018 yang lalu kurs SGD 'hanya' Rp. 10.000/sgd. Menurut mamtir untuk makanan hangat, lengkap sangat murah (bahkan di soetta saja semangkok bakso sapi bisa seharga Rp. 60-70 ribu/mangkok (belum ppn kadang) 😅.

Karena mamtir lapar jadi pilih makan besar, mbak turis juga. Sedangkan mbak Nesa memilih Mie Hainan (kita bertiga jajan di kedai yang sama) dengan harga yang sama atau beda 50 cent (mamtir lupa) 😅😂🙏.

Menu Halal Kantin Karyawan Bandara Changi

Karena mbak Nesa masih kekenyangan setelah kopi pagi, jadi memilih mie bukan nasi (padahal sama karbo nya 😅😂😆). Pas mamtir icip makanan mbak nesa enak juga, nggak sembarangan atau asal-asalan masaknya pun dengan menu mamtir.

Menu Makanan di Kantin Bandara Changi

Bagian Halal kebanyakan menjual masakan melayu, Peranakan,  India dan Indonesia (Padang). Sedangkan di bagian non halal banyak makanan peranakan, chinese food, dan sepertinya ada kopi tiam yang menjual minuman dan set breakfast (mamtir beneran lupa 😆).

Kedai minuman ada tersendiri baik di bagian halal dan non halal, harganya mulai dari 50 cent sampai sekitar SGD2 deh untuk minuman. 

Tips hemat ala mamtir : bawa air minum sendiri, kalian bisa isi botol air minum di dalam bandara sampai penuh! Jadi di kantin beli makanan saja 😉

Karena kita bertiga nggak beli minuman jadi agak lupa inget juga harga persisnya.

Jam buka kantin kalau ndak salah 5 am waktu singapura dan tutup jam 9 pm. Jadi bagi kalian yang datang dengan penerbangan pertama atau akhir di hari sebelumnya dan menginap, bisa banget sarapan di sini.

Bandara Changi sendiri memiliki 2 kantin karyawan yang terletak di Terminal 1 dan Terminal 2. Kalau Terminal 2 letaknya agak lebih tersembunyi dan kalian harus jeli melihat serta membaca petunjuk.

Aniway, sekian informasi dari mamtir dan kalau ke Singapura jangan lupa mampir ke Kantin Karyawan Bandara Changi, dijamin nagih dan pengen balik lagi.

Tips lain : Jika kalian makan di Singapura dan mendapati di meja kalian ada sebungkus tissue, tandanya meja tersebut sudah ada yang punya. 

Kalau ada yang mau tanya-tanya boleh email atau PM mamtir di @swastika_anggi dan boleh juga dong share pengalaman kalian makan di Kantin Karyawan Bandara Changi di kolom komentar.

Wassalam,
gie ^^



6 comments:

  1. Kntin karyawan kirain kantin kusus karyawan bandara gitu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat umum juga, hanya harga saja yang dibedakan.

      Delete
  2. Ini jadi alternatif kalau duit SGD menipis pas mau pulang dari Sg, hehehe. Thanks infonya, mbak Gie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, atau bisa juga mengumpulkan energi segera setelah mendarat sebelum melancong ke kota ^^

      Delete
  3. Kenapa sih yang dijadiin foto utamanya muka akoh yang nggak banget itu wkwkw.. inget banget tuh difoto belum mandi yee, yang penting dandan aja sebelum ngalong seharian, nggak ada yang nanyain juga kan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting cetar membahana nan eksis dan nggak BAU XD :D

      Delete

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email