Wednesday, October 24, 2018

Tempat Beli Oleh-oleh di Singapura

Feb 2018

Assalammu'alaykum Reads,

Kalau lagi Jalan-jalan kalian suka dimintain mintain oleh-oleh nggak sih ? Mamtir sih dulu suka banget begitu walau tujuannya bercanda. Ternyata setelah mamtir belajar dan juga dari informasi di kajian kita nggak boleh begitu lho, karena itu sama aja kita membebani yang plesir hutang (ngeri kan). Makanya mamtir kalau ada yang Jalan-jalan apalagi jalan-jalan ke luar negeri udah nggak pernah minta oleh-oleh selain nitip atau minta oleh-oleh cerita nantinya.

Kenapa, karena seru aja kalau dengerin cerita orang yang habis jalan-jalan, berasa ikutan gitu. Dan biasanya orang yang habis jalan-jalan seneng banget bagiin cerita dia bisa lewat blog, youtube atau  langsung cerita. Mamtir sendiri suka banget berbagi kisah jalan-jalan mamtir kemana aja (dasar anaknya demen cerita) dan sering bawain oleh-oleh atau buah tangan yang bisa dinikmatin satu kantor.

Pernah juga mamtir dapat 'sentilan' soal oleh-oleh, kalau dulu kayaknya "asal bawa" aja gitu. Ternyata sering banget mubazir (syebel) karena kita asal-asalan aja beliin. Kalau memang niat bawa oleh-oleh mamtir lebih suka bawa makanan yang emang pasti dimakan atau pakaian/barang yang pasti dipakai. Soalnya kalau cuma buat pajangan dan ga dipakai kan jadi mubazir gitu. Lagian kan ga semua yang jalan-jalan punya bajet buat oleh-oleh (betul apa benar).

Tempat Beli Oleh-oleh di Singapura

Waktu mamtir Jalan-jalan ke Singapura untuk Pemula  mamtir emang niat beli oleh-oleh buat sodara di Cirebon dan anak kantor juga tetangga kanan-kiri. Nah pas pertama sama emak ke sana itu mamtir berdasarkan hasil riset di internet dan nanya-nanya sama temen yang ke sana Bugis Street sangat direkomendasikan.

Sampai di Singapura November 2017 mamtir nggak cuma ke Bugis Street aja tapi juga ke beberapa tempat lainnya. Makanya waktu di traktir Changi Airport mamtir bisa kasih masukan ke mbak turis dan mbak lilis beli oleh-oleh murah singapura dan diprioritaskan cari titipan atau oleh-oleh di hari pertama. Kenapa ? karena sisanya mamtir mau bebas jalan-jalan.

Bugis Street

Di sini reads bisa cari berbagai macam fashion, tas, gantungan kunci, magnet kulkas sampai coklat dan makanan lainnya dengan harga mulai dari SGD1 (Sekitar Rp. 10.500,-). Pakaiannya lucu-lucu sih tapi buat yang berhijab jangan harap banyak pilihan, di lantai atas Bugis Street banyak jual pakaian, sepatu, tas dan lainnya. Kalau coklat atau makanan harga SGD1 itu adanya ke arah belakang, kalau ga salah nama tokonya ABC.

Selain oleh-oleh mamtir juga suka jajan di sini, jus segar yang seharga SGD1, chicken semacam shilin (jajanan taiwan itu) terus masih banyak kue-kue lain yang enak dengan harga bersahabat. Kalau nggak salah di lantai 3 sini juga ada yang jual crepes enak banget (dan hits tentunya). Selain beli oleh-oleh di Bugis Street bisa juga melipir ke Bugis Junction buat beli oleh-oleh singapura (versi ber AC) dan harganya ya pasti lebih mahal.

Kampung Glam

Dari Bugis Street atau Bugis Junction jalan sedikit ke arah Queen Street, nanti kita bisa ketemu Haji Lane yang terkenal itu dan Masjid Sultan yang menjadi salah satu masjid yang harus kalian kunjungi (nggak cuma muslim lho) kalau ke Singapore. Di sekitaran sini (arab street, haji lane dan jalan lainnya) banyak juga dijual souvenir. Mamtir sendiri sempet beliin emak baju seharga SGD5 dapat 3. Baju atasan kalau yang berhijab bisa dipakai buat outer dan bahannya nggak bikin berkeringat. 

Selain itu standar sih ada coklat, kaos singapura, gantungan kunci, magnet kulkas dan pernak-pernik lainnya. Kalau ke sini jangan lupa singgah di salah satu rumah makan timur tengah yang pelayannya cakep-cakep bener dan bisa bahasa Indonesia walau ga fasih-fasih banget. Cocok makan di sini kalau ramean soalnya mahal, atau bisa mampir ke Kampung Glam Cafe yang harganya lebih bersahabat (cobain Mee Siam jangan lupa).

Little India

Di sini gie seneng banget mampir ke Mustafa Center, bangunan memanjang yang kayaknya lebih dari 5 lantai deh. Mulai dari sembako, elektronik, fashion sampai perhiasan ada di sini. Bahkan gie beliin titipan (jam tangan) di sini. Setelah keliling beberapa tempat nggak dapet, balik lagi ke sini deh. Pastikan barang yang kamu beli asli ya, klo gie sendiri sih pas beli jam tangan Alhamdulillah dikasih kartu garansi resmi world wide.

Di sini gie belanja coklat, skin care, jus buah, roti, selai, mie cup, dan macem-macem. Tapi buat kaos smaa gantungan kunci atau tas I love SG cenderung lebih mahal menurut gie. Enaknya lagi Mustafa Center buka 24 jam, jadi bisa balik kapan aja ke sini (kalau kalian stay jauh dari Little India pastikan MRT/Bus terakhir jam berapa ya. Kecuali kalian mau naik taksi yang argonya bikin tongpes ๐Ÿ˜‚).


Selain ke Mustafa, sepanjang jalan Little India juga banyak toko. Biasanya gie akan jalan ke arah Mustafa dari MRT Station Little India atau sebaliknya (FYI kalau naik MRT enaknya turun Farrer Park keluar Pintu H untuk tujuan Mustafa Center). Baiknya ke Mustafa bawa koper dan titip di depan/penitipan. Jadi pas pulang bawa banyak kresek nggak repot, tinggal masukin koper aja.

Orchard Road

Kata siapa di sini khusus branded fashion aja ๐Ÿ˜‚ kalau hari minggu sepanjang orchad road jadi tempat piknik temen-temen pekerja di SG. Kebanyakan sih dari Filipina (menilik bahasa mereka) dan RAME banget!!! Mbak Lilis aja sampe kaget, apalagi liat mbak2 kerokan di sebelah Lucky Plaza wkwkwwkwkk.

Selain barang branded ada juga Lucky Plaza buat kita cari oleh-oleh Singapura. Selain itu kudu banget mampir ke Flea Market yang ada di lantai paling atas sebelah Jollibee, di sini Mbak Lilis nemu rok tutu ketjeh sama beberapa pakaian (klo ga salah SGD10 aja total) .

Bisa juga mampir ke drugstore dan beli (suka banyak promo) kebutuhan skin care, make up atau bahkan jajan coklat (yang bisa lebih murah dari tempat lain, tergantung promo sih). Kalau gie sendiri suka banget mampir ke Watson di Sentosa karena promo SGD5 for 3 items nya menarik dan sayang untuk dilewatkan (disini gie borong Bio Essence Travel SGD5 buat 3 items) .

Nggak cuma di Lucky Plaza lho, di ION Orchard juga kudu dimampirin drugstore atau boleh juga mampir ke konter Charles & Keith yang banyak bertebaran di mall-mall Orchard (harganya tentu lebih ketjeh dibanding di Jakarta) .

Vivo City

Kalau disini gie rekomen banget beli kaos I Love SG seharga SGD10 for 3 items. Yang jual kios gerobak kalau dari pintu keluar monorail sentosa ke kiri, gerobak paling ujung dekat kaca. Yang jual Uncle-uncle baik hati dan bisa bahasa Indonesia sedikit ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜‚ kualitas nya cukup bagus dan bahannya adem.

Jangan lupa mampir ke Kopi Tiam atau Food Court ya selama di sini. Halal dan non Halal dipisah dan enaknya lagi ada makanan Korea dengan harga SGD5-10 aja,  rekomen banget deh. Oia di Vivo store nya suka banyak yang diskon terutama fashion, jadi kalau ke sini siapin aja SGD yang cukup atau kartu debit ya (kartu kredit juga bisa tapi ga tau ya kena charge atau nggak).


Chinatown Singapore


Surga kuliner (non halal mostly) dan emang surga oleh-oleh. Gie sendiri seneng banget beli (dan pakai) tas lipet SG (yang mirip  longch*mp) di sini. Warnanya lucu-lucu harga SGD10 buat 5 tas dengan kualitas cukup baik. Klo di Bugis biasanya cuma dapat 3 harga segitu dengan kualitas yang sama (gie beli juga soale).

Sebelah Chinatown ada Mosque Street lho, jadi jangan khawatir nggak bisa ibadah klo lagi jajan atau jalan-jalan di sini. Sekitar sini juga banyak hostel terjangkau. Kalau bertiga sih gie rekomen hotel karena harga beda sedikit tapi privacy terjaga. Setiap ke sini selalu dapat hotel murah untuk stay di Singapura


Nah selain tempat-tempat di atas kalian ada rekomendasi lain nggak ?Bolehlah berbagi di kolom komentar ๐Ÿ˜‰

Wassalam
gie ^^

6 comments:

  1. musti bawa duit banyak kalau ke singapur lagi hahahaha, masih banyak yang musti dibeli. Jangan lupa juga bawa koper yang gueeedeee hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk, kalau niat belanja emang bener. Kayak tetangga sebelah, wiken besok ke SG 3 hari doang bawa SGD500an....daebak emank

      Da aku mah sobat hemat getoh LOL *aliasirit

      Delete
  2. Kapan ya aku bisa ke SG, hehhee, wishlist yang blm kesampean ini hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera ya jalan-jalan ke destinasi impian ^^

      Delete
  3. Bugis is da best hahahaha, aku malas ke mustafa barang2nya ya gitu aja sama kayak di bugis, udah gitu males situasinya hahaha. Etapi sekarang ku jarang halan2 ke singapur, ngga punya duit ratenya dah tinggi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, mambes bisa aja...rate emang malesin sih wkwkwkwkwkk

      Delete

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email