Tuesday, August 21, 2018

Nasi (Sega) Lengko - Kuliner Khas Cirebon

Assalammu'alaykum Reads,

Sesuai postingan gie di Kenalan Sama Cirebon pasti udah tau kalau 2x sebulan gie akan menulis tentang Cirebon. Punya ide dan rencana itu mudah, konsisten dan melaksanakannya butuh kemauan ekstra 😁 (setidaknya buat gie). Nah berhubung 17 Agustus 2018 kemarin gie baru mudik, dan ada beberapa permintaan menulis mengenai Kuliner Cirebon dan postingan kuliner kali ini adalah Nasi (Sega) Lengko.




Nasi (atau Sega dalam basa cerbon) Lengko adalah makanan khas Cirebon yang gampang banget dibuatnya. Buat gie walaupun gampang, yang membadakan buat di Jakarta sama di Sumber adalah kecapnya wkwkwkwkwk. Kalau di Jakarta biasa pakai kecap merek terkenal kalau di sumber pakai kecap Dua Sotong atau Matahari, bahkan pakai kecap lokal lainnya yang nggak bisa gie sebutin satu persatu. Makanan ini istimewa buat gie, karena gampang banget dibuatnya dan nggak terlalu banyak effort.

Sega Lengko sendiri berarti Nasi Langka, atau makanan untuk rakyat kecil (yang pada saat itu tentu kesusahan dan merupakan kemewahan bisa makan nasi beserta lauk pauk). Sega Lengko ini kaya akan serat dan protein nabati, selain itu menurut gie ini adalah salah satu makanan sehat, walau tempe dan tahu masih digoreng tapi tetap saja sehat buat gie mah *iyain aja 😝


Bahan-Bahan Nasi (Sega) Lengko :

Tahu Goreng
Tempe Goreng
Nasi Putih Panas
Mentimum Mentah (cacah sesuai selera)
Tauge Rebus (kalau gie lebih suka rendam air panas sebentar)
Daun Kucai
Bumbu Kacang (bisa pedas/tidak) sesuai selera
Kecap (lebih enak agak encer)
Sedikit minyak bekas goreng tempe/tahu biar gurih 😂😂😂😂
Kerupuk putih (pelengkap)

Nasi Lengko Terkenal di Cirebon

Di Cirebon sendiri banyak Nasi (sega) Lengko yang enak, mulai dari pinggiran sampai di restoran. Harga sendiri bervariasi sekitar Rp.10.000,- untuk sepiring Nasi Lengko biasa. Kalau pakai dadar telor, ayam goreng atau sate kambing tentu harganya berbeda. Kalau di resto atau tempat Nasi Lengko yang sudah terkenal biasanya berkisar Rp. 12.000 - Rp. 13.000 per porsi Nasi Lengko biasa.

Ini salah satu Nasi Lengko yang terkenal baik lokal maupun diluar Cerbon, berjualan sejak 1968 dan sudah 2 generasi dan makin rame. Nasi Lengko H.Barno terletak di Jalan Pagongan dan yang khas adalah gerobak berwarna kuning. 

Ini juga ada di Pagongan, tapi tempatnya ada di dalam Gang Alas Demang 1, kalau buat gie ini enak beudh wkwkwkwkw. Walau agak masuk ke dalam, ada sensasi sendiri pas kita cari dan ketemu, di tembok warung sederhana ini ada foto H.M Sadi nya lho.

Oia, selain nasi lengko khas restoran atau warung besar biasanya gie dulu suka banget makan nasi lengko di MAN atau SMPN 2 sumber tempat gie sekolah. Kadang minta uyut bikinin atau mimi sri dan enak bener wkwkwkwk, faktor menentukan menurut gie adalah rasa tempe dan bumbu kacangnya 😀😁 Nah, kalian pasti langsung ngiler dan pengen cobain Nasi Lengko kan ^^

Wassalammu'alaykum,
Love ^^
gie

16 comments:

  1. sehat dan mumer yaa ngi...waah bikin ngilerr ajaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul uni, coba buat di rumah dijamin gampang banget

      Delete
  2. Mba jadi ingin Cirebon trip deh terus di guide-in nyoba makanan khas Cirebon hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, yakin ga mau coba masakan aku aja *eaaa LOL

      Delete
  3. ngileeeer bangeeet!! jadi lapar. Kalo nesa mo ke cirebon bareng dong wkwkw

    btw ini kayaknya typo ya sis kudunya goreng?
    walau tempe dan tahu masih direbus tapi tetap saja sehat buat gie mah *iyain aja 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. wOw iya bener wkwkwkwkw, makasih bayik ^^

      Yuk cuss agendakan, siap menjadi guide wlkwwkkwkw

      Delete
  4. Meski tidak seterkenal di Cirebon, namun menu ini bisa juga ditemukan di Brebes dan Tegal. Terakhir makan nasi lengko justru di warung Pian, dekat stasiun Tegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iyakah, kapan2 cobain juga lah kalau main ke sana :D

      Delete
  5. Sumber? Wah, aku pernah tinggal 2 bulan di sana. Tbh, aku nggak terlalu suka Nasi Lengko. Kalo empal gentong, nah itu suka bangeeettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih kelas berat kalau empal gentong....jangan2 kos di rumah sodara gie kali ya *eaaa

      Delete
  6. Makanan khas cirebon memang lezat sekali, saya akui itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah diakui Mbak Anisa ku bangga, yuk mampir mbak kapan2 :)

      Delete
  7. Harga nasi lengko cukup terjangkau ya, cocok di kantong mahasiswa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener tapi kalau di kampus lebih murah lagi. Itu harga pasaran di luar kampus atau sekolahan :)

      Delete
  8. Wah, aku belum pernah kayaknya makan nasi lengko ini. Waktu ke Cirebon sempetnya makan nasi jamblang sama empal gentong. Kalo ke Cirebon lagi kayaknya wajib nyoba deh

    ReplyDelete
  9. Cobain mbak, terus bikin deh di rumah. Soalnya menurut gie ini salah satu makanan khaa cirebon yang bisa dibuat kapan aja dan dimana aja 😊

    ReplyDelete

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email