Monday, December 4, 2017

Jalan-jalan Ke Singapura Bagi Pemula

Assalammu'alaykum Reads,

Siapa sih yang ga kenal Singapura alias negeri singa?  Negara kecil tapi kesohor di dunia dan tempat wisata sekaligus tujuan sebagian besar orang Indonesia buat pertama kali ke Luar Negeri. Liburan ke Singapura sendiri sudah ada di wishlist gie dari kecil hahaha, dasar emang demen jalan-jalan yak. Alhamdulillah bisa ke sana sama mamak juga akhirnya (ngiri sama mamak yang udah ke LN duluan 😝).

Baca : Tips Menginap di Changi

Persiapan ke Singapura lumayan singkat, baca postingan mama Lisna dan Nia soal penginapan, makanan halal, MRT, tujuan wisata dan masih banyak lainnya. Kenapa baca post dan tanya mereka?  Selain karena sobat sendiri gie juga hampir selalu cocok sama pilihan mereka hehehe. Lainnya browsing di Internet dan tanya temen yang emang asli sana maupun PR di sana.




Paspor dan SGD

Pertama tentunya kita harus punya paspor dong kalau mau ke LN. Gie sendiri paspornya perpanjangan dari 5 tahun sebelumnya (sempet mau ke LN ga jadi 😅). Untuk budget sendiri gie udah tentuin dan nuker SGD di Money Changer Citraland dan Central Park. Kok 2 tempat gie?  Nukerinnya 2x gajian soalnya hahaha 😂 dan di CP lebih kece dikit tukerannya.





SGD alias Singapore Dollar gie tuker secukupnya aja, berkat postingan Nia yang up-to-date soal Paspor BCA MasterCard gie jadi tenang deh 😂. Lagian di Singapura kan gie nggak mau belanja gimana-gimana juga, tujuan utamanya gie makan dan jalan-jalan. Oleh-oleh kali ini bukan prioritas gie (belajar) kecuali beliin titipan sama bawain buat orang rumah aja.

Hotel

Ini penting buat gie, sempet kepikiran mau sewa hostel karena murah tapi kok kamar mandi diluar dan rasanya gie nggak rela hahaha. Makanya happy bingits pas Mama Ina posting soal daerah Geylang. Red District area di Singapore tapi banyak hotel murah dan dekat dengan pemukiman plus MRT (Al Junied) dan makanan HALAL (kalau dari MRT Al Junied nggak banyak ngelewatin toko khusus dewasa kok, apalagi gie nginepnya di Lor 15. Yang banyak toko dewasa itu kalau dari arah MRT Kallang dan lewat geylang Road juga dari Lor 1 - 10).




Lihat-lihat beberapa hotel akhirnya milih Chang Zhiang Hotel di Lor 15 Geylang, Singapore. Sesuai budget, ada air panas, kamar mandi dalam, air minum 300ml 2 buah (botolnya bisa dibawa buat refill),  teko listrik buat masak air panas, 2 sachet kopi, handuk bersih, dan amenities. Lengkap kan?  Walau cukup sempit kamarnya tapi kece, muat berdua (maksimal 2 dewasa 1 anak).

Makanan murah nan halal pas sebrangnya, Bali Nasi Lemak yang nasinya enak banget dan ayam gorengnya bikin nambah mulu wkwkwkwkwk. Warung ini buka mulai sore sampai jam 4 pagi (waktu singapura). Selain itu ada juga makanan India dan Timur tengah tak jauh dari hotel. Berdasarkan pengalaman nginep di sini turun di MRT Al Junied lebih dekat dan gampang daripada turun di Kallang untuk menuju ke Hotel.

EZlink atau STP

Buat gie memilih EZlink jadi pilihan terbaik, apalagi yang sering PP ke Singapura karena kartu ini berlaku selama 5 tahun. Bisa dipakai di MRT/LRT/Bus, kemarin pakai punya Nia dan beli juga (sayangnya hilang pas di area Marina Bay Sands 😭 jadi harus beli tiket reguler (untungnya cuma buat balik ke hotel sama ke Bandara aja).

FYI : gie kemarin beli EZlink SGD20 dan Top Up SGD20

STP ini bagi yang memang jarang ke Singapura atau bagi turis. Tersedia 1/2/3 day pass dengan jaminan SGD10 dan akan dikembalikan begitu selesai (biasanya refund di Changi). Kemarin sempet mau beli STP, tapi insya Allah next year balik lagi ke SIN jadi milih beli EZlink aja.

Ada juga tiket regular, nggak disarankan kalau kalian bakal keliling singapura. Lumayan mahal, kemarin gie kena SGD1.70 sama SGD2.20 (klo ga salah).

MRT/LRT/BUS di sana mudah banget apalagi kalau kalian gampang paham dan bisa baca peta. Pas kalian naik MRT dari Changi jangan lupa ambil Peta, penting selama jalan-jalan di sana dan peta di sana akurat, google maps juga membantu.

ION Orchard

Di sana gie nggak pakai roaming jadi mengandalkan Wi-Fi di tempat umum dan hotel aja, paling kece mah pas di Marina Bay Mall dan Sands Area, kenceng dan nggak perlu masukin berbagai macam kode.

Baca : Cara Menggunakan Bus di Singapura


Tujuan Wisata di Singapura

Selama di Singapura gie memilih wisata gratis alias nggak bayar : Tujuan Wisata Singapura 3D2N

Hari pertama gie memilih ke kawasan Orchard Road dilanjutkan ke Mustafa Center dan Little India. Beli titipan dan coklat kesukaan gie (plus clearasil yang kudu gie tinggalin di Changi gegara ga boleh masuk kabin) juga Ovomaltine (yang harus ditinggal juga di Changi dengan alasan sama, untungnya udah gie makan separuh) 😂.

Baca : Day 1

Di orchard gie jalan keluar masuk toko dan mall branded, mampir ke Lucky plaza penasaran sama flea market yang kebeneran ada di sana dan dapat outer kece ! Jajan es potong rasa duren SGD1.20 (pakai roti) ngantri bareng rombongan dari Tiongkok dan sekeluarga dari India. Akhirnya giliran gie pun sampai, menikmati es sambil ngeliatin orang belanja wkwkwkwkwkk😂😂😂



Sorenya lanjut ke China Town dan nontonin orang makan wkkwkwkwwk. Enaknya sebelahnya ada mosque street, lupa foto dan ingat nama masjidnya maapkan. Jajan old chang kee aja di sini (jelas halalnya) sama jajan tas si mamah. Sempet salah keluar hahaha, tapi seru ngerasain MRT bareng warga singapura yang baru pulang kerja. So far selama di Singapura cukup gampang ketemu Masjid karena di hampir setiap area ada masjid dan di peta juga ada.

Hari kedua gie memilih ke Sentosa Island, jarak terjauh dari hotel. Mampir di Vivo City dan nyobain food court (Kopi Tiam) yang terkenal itu. Makanan Halal dan Non Halal dipisah, pun penyimpanan dan pencucian tray/piring kotor. Bagian kanan untuk makanan halal (tray dan peralatan makan warna Hijau) sebelah kiri untuk non halal (tray dan peralatan makan warna putih).


Foodcourt Vivo City

Sekalian Brunch di sini, milih Chicken Rice yang enak dan Ice Teh Tarik tentunya (buat gie yang di Mufiz Juara banget teh tariknya). Lanjut keliling mall cari titipan, nggak nemu jadilah langsung ke Sentosa Boardwalk untuk menuju ke Sentosa Island. Boardwalk ini ada di lantai 1 kalau dari MRT naik 2 lantai aja dan ada pentunjuk jelasnya.

Baca : Day 2 

Kenapa milih jalan kaki ? Murah, berdasarkan hasil gugel cuma SGD1 tapi pada kenyataannya gratisan aja gie jalan di sana. Kebanyakan bule yang jalan kaki, ada juga keluarga baik dengan anak balita maupun anak-anak yang lebih besar. Beberapa gerombolan remaja juga ada dan pastinya hanya 1 orang Indonesia yang gie temuin (bawa kamera, mungkin vlogger).

Sentosa Boardwalk

Turis lainnya bisa memilih Monorail SGD4 atau Cable Car SGD25, mahal banget ! Buat gie yang ranselan harus bijak dong mengeluarkan uang di sana. Puas keliling Sentosa Island gie balik ke Vivo City naik monorail, karena arah sebaliknya gratis jadi bisa dinaikin siapa aja. Di Vivo City lanjut eksplore mall dan gedung sebelah (Harbour Tower) emak belanja baju di sini, sale parah sih emang.

Sebelum meluncur ke Merlion, makan Ramyun dulu di foodcour Vivo City. Halal kok makanya gie makan lagi dan lagi hahaha, sempet beli buah potong harga SGD1.50 -3.50an lumayan lah untuk nutrisi. Beli air minum di Guardian SGD1.40 buat 2 botol (ga tau kenapa ga nemu sis water tap isi ulangnya hahaha).

Lanjut ke Merlion pas habis dhuhur sampai sana, mana lagi panas-panasnya hahaha. Sempet salah belok geto, nyebrang jembatan Cavenagh Bridge, lewat depan Victoria Museum dan nyebrang ke Esplanade menyusuri taman sampai berbelok ke kanan, naik jembatan lagi dan ketemu Merlion.



Harusnya dari depan victoria museum, nyebrang belok kanan menelusuri Albert Bridge atau pas kita di pinggir Singapore river dan ketemu cavanagh bridge lurus aja (menyusuri depan Fullerton Hotel) sampai mentok baru nyebrang. Gpp, jd banyak alesan buat foto dan menikmati keindahan kota dan taman di singapura yang memanjakan pejalan kaki.

Dari Merlion lanjut ke Bugis dan sholat ashar di Masjid Sultan. Jalan-jalan keliling di sana tapi ga jadi mampir ke Fluff Bakery huhuhu, titipan belum dapet jadi balik lagi ke Bugis street minum jus buah segar SGD1 dan Bugis Junction buat cari titipan.

Hari ketiga balik ke mustafa center, titipan cuma ada di sini ternyata. Sarapan di salah satu kedai dekat mustafa. Kedua kali ke sini gie keluar dari pintu H (city hall) lebih deket. Keluar MRT tinggal nyebrang dan ikutin jalan aja, patokannya di kanan ada Fortuna Hotel. Mustafa ini luas banget dan menyenangkan buat di explore. Jam 11an lanjut ke Garden By The Bay jalan-jalan di sini, wifi Sands Hotspot kenceng banget hahaha gie jadi happy.

Baca : Temasek Avenue

Dua jam lah di sini, jalan balik melalui bridge yang nyambung ke Marina Bay Sands Hotel, salah jalan sampai akhirnya memutuskan jalan kaki menuju Temasek Avenue. Kenapa ? Mau nyobain Helix Bridge aja sih, walau pas panas-panasnya tetep happy tuh. Sekitar 40 menit sampai ke suntec city (mall) gegara nyasar 2x hahaha, emang ye baca peta kudu bener.

Marina Bridge Hotel

Helix Bridge dari arah Marina Mall

Udah gerah bin panas sampe sini dijajanin sama G buat lunch duh hati senang. Makan salmon wrap dan aglio olio belum lagi minum beries splash, makan mevvah kita wkwkwkwkk. Sabtu maleman di kantor pusat SEA, jadi tau deh meja-meja para principal 😂😂😂 kalau G bilang mah gie tamu VVIP hahaha. Mampir di pantry Adobe yang banyak banget minuman dingin, panas, camilan, pokoke cozy place banget lah. Belum lagi tour guide pribadi yang paham semua tempat dan jelasin runut.

Pantry

Liburan usai, waktunya kembali ke Jakarta. Pulang pergi melalui terminal 4 changi yang kece banget ! Semua otomatis baik check in maupun imigrasi, cepat dan efisien. Banyak yang bantu kok kalau kita bingung dan mereka bisa bahasa melayu jadilah aman damai sentosa. Air di sini enak dingin, tapi ga sedingin di terminal kedatangan 😅.

Baca : Day 3 



Sempet jajan juga di sini, dan leyeh leyeh sambil nonton Empire hahaha. Total kerusakan gie selama di singapura termasuk beli Ezlink, beli titipan, beli tiket reguler dan jajan sekitar SGD513 buat 2 orang, yang mahal mah titipannya sama jajan. Soalnya gie emang ga hemat buat makan dan jajan buah selama di sini.

Baca : Terminal 4 Bandara Changi

Tiket Pesawat dan Hotel gie beli di Traveloka dengan total IDR 3.674.004,- (termasuk tax). So far gie puas banget pakai aplikasi ini, nggak repot dan paperless jadi menghemat kertas. Biaya yang tercantum di layar itu yang kita bayar, proses check in pesawat maupun hotel juga nggak seribet bayangan gie (FYI gie pakai AA, berangkat no bagasi dan pulang beli bagasi 1 : 20kg).

Selanjutnya gie akan buat postingan berbeda ya membahas pengalaman gie selama di sana. Sabar ya nungguinnya, see you reads 😊


Wassalam,
Love ^^
gie


*FYI : sekali makan halal di sana paling murah SGD5.50 kalau di resto timur tengah atau India bisa porsi berdua sih soalnya banyak 😁
** Di Singapura gie pakai aplikasi Al-Qur'an Indonesia untuk mengetahui waktu sholat, maklum di sana adzan ga boleh pakai pengeras suara.
***Yang bikin bahagia pas hari terakhir turun di Al Junied mau balik ke hotel denger adzan ashar dari handphone salah satu uncle di halte bus Al Junied, Indahnya....💚💚💚

16 comments:

  1. Replies
    1. Mamaci sis, lagi bikin per postingannya nih wkwkwkwkwk biar bisa berbagi pengalaman terutama buat pemula.

      Delete
  2. Aku kebetulan dulu kuliah di singapura, sekarang udah jauuuuuhhhhh lebih mahal dari 5 tahun lalu. Kamu coba duck boat ngak? itu asik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya si emak pengen cobain ini belum kesampaian hahaha, kemaren ngejer ke beberapa tempat yang jadi wishlist si emak dulu sama titipan wkwkwkwkwkkk. Iya mahal banget, buat sekali setahun mah gpp lah tapi kalau setiap hari...OMG mahal kak :D

      Delete
  3. mantapss..
    asiik ada referensi kalo mau ke singapur.. :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga kalo traveling sekarang lebih buat makan dan jalan eksplorasi aja. Oleh2 yang dibeli mostly juga makanan, all about makan, hahaha. Asik asik sekarang anggi bisa sering ke Sing yaa, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu mama Ina. Makasih lho postingannya membuatku ga gelagapan di SIN. Doakan saja lancar semuanya, sering2 ke sana dibiayain kantor 😂😂😂

      Delete
  5. Panduan lengkap, nih, buat yang baru pertama kali ke Singapura. Keren! Salam :)
    www.sadawayans.com

    ReplyDelete
  6. Aku udah h2c aja nih cari-cari ticket ini di traveloka juga. Semoga dapet best deal, sama lagi bingung nentuin mau brngkt dari jkt or bdg. yaelah gini aja bingung gimana milih jodoh ya? Muahaha!

    Btw, G itu orang kantor adobe ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha keknya lbh H2C cari best deal deah *eaaa

      Yup, langsung meluncur ke bacaan Temasek Avenue biar tau wkkwkwkwk *kalijodohamadirimu.

      Delete
  7. Seruuuu... next time kudu mampir SG, karena saya baru merapat ke KL saja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mampir, gie pengen cobain ke KL naik bus/kereta dr SG atau sebaliknya.

      Delete

Syukron for coming ^^

Follow by Email