Monday, September 5, 2016

Movie : Dua Kodi Kartika - The Heritage of Love


Assalammu'laikum Reads,

Mungkin membaca judulnya bertanya-tanya, film apa sih ini ? Siapa sih pemainnya ? Kok Judulnya nggak menjual dan pemainnya nggak terkenal ??

Wajar jika kalian berfikiran seperti itu, tapi jangan buru-buru beranjak dari post gie sebelum membaca sampai selesai. Karena pepatah mengatakan Tak Kenal maka Tak Sayang jadi yuk kita kenalan dulu, apa sih Dua Kodi Kartika : The Heritage of Love


Dua Kodi Kartika adalah sebuah film dokumenter mengenai Bunda Tika pendiri sekaligus pemilik Keke Film ini beda dari kebanyakan karena formatnya dokumenter dan pemeran yang memerankan pun asli alias diri sendiri.

Judulnya nggak eye catching dan aneh, ini pula yang dikatakan Kang Rendy CEO Keke pada saat pembukaan gaal premiere film ini di XXI Epicentrum Kuningan 01 September 2-16 lalu. Memang gie akui judulnya agak membingungkan (sama seperti judul bukunya) gie kira tadinya ini film tentang bikin baju, nggak taunya ini kisah mengenai Bunda Tika dan Ayah Farid membangun bisnis Keke sejak 1998 lalu.

Bunda Tika dan Ayah Farid membangun bisnis ini lantaran cinta kepada buah hatinya. Ingin memberikan yang terbaik kepada mereka (Bunda Tika dan Ayah Farid memiliki 3 putri). Krisis Moneter di tahun 1998 membuat mereka memutar otak bagaimana caranya bisa memberikan yang terbaik bagi putra dan putrinya.

Di salah satu scene Bunda berkata bahwa salah satu wujud cinta bunda dan ayah kepada anak-anaknya adalah dengan memberikan pendidikan yang terbaik. Kini dua anak bunda, Uni dan Ade kuliah di Melbourne atas biaya bunda dan ayah pribadi. Bunda pernah berkata "Dulu bunda kepingin banget kuliah ke luar negeri, tapi sama aki nggak boleh karena bunda perempuan. Kata aki anak perempuan nggak usah jauh-jauh. Makanya sekarang bunda ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak bunda."


Bunda Tika Family beserta Tim Produksi Dua Kodi Kartika

Bahkan Uni (anak tertua bunda) berkata bahwa mereka mendapatkan pendidikan sesuai dengan kesukaan dan bakat mereka bukan paksaan orang tua. Uni saat ini menempuh pendidikan seni karena kelak uni ingin berkarir di negeri paman sam, sedangkan Ade mengambil dual degree keuangan dan manajemen agar kelak bisa membangun Keke menjadi perusahaan yang berstandar internasional. Sementara si bungsu masih SMP di tanah air.

Kisah Bunda Tika dan Ayah Farid yang harus berjuang ditengah gempuran krisis moneter. Bagaimana barang yang awalnya dua kodi (40 pcs) terus berkembang hingga ratusan ribu pcs, bagaimana perjuangan Bunda dan Ayah yang harus membawa karung dengan motor, melawan kantuk dan dinginnya angin malam sampai cerita bunda kehilangan karung berisi pakaian karena terjatuh di jalan.

Di sini tidak hanya menceritakan mengenai perjalanan bisnis Keke semata namun Bunda Tika sebagai ibu dan pribadi. Bagaimana pertemuan Bunda Tika dan Bu Rus yang akhirnya mengantarkan mereka bekerjasama membangun Keke.  juga bagaimana mereka akhirnya harus berpisah karena kesalahpahaman akibat kurangnya komunikasi.

Ketika bisnis semakin berkembang pesat, manajemen keluarga berganti menjadi manajemen profesional dan kehilangan para pekerja akan sosok "ibu" mereka yang menjadikan mereka sempat terpana, namun berkat asas kekeluargaan yang kuat dan dibangun atas dasar cinta maka Keke tetap bertahan hingga sekarang.


Sebuah pelajaran hidup, pelajaran akan cinta kasih dan kerja keras yang patut diacungi jempol dan diteladani. Walau dalam setiap hidup manusia akan selalu ada cobaan, seperti dalam kisah dua kodi kartika dimana Bunda Tika dan Bu Rus harus berpisah karena sejak Kang Rendy menjadi CEO dan Keke menjadi perusahaan profesional, Bu Rus merasa 'tersingkirkan' maka akhirnya Bu Rus pun memilih mengundurkan diri.

Kesibukan Bunda Tika dan juga rasa tidak enak Bu Rus membuat mereka memendam perasaan satu sama lain selama dua tahun. Kesalahpahaman yang membuat kehidupan mereka berdua satu sama lain tidak tenang, sampai akhirnya Bunda Tika disadarkan oleh Ade, bahwa bagaimanapun Bunda dan Bu Rus sudah seperti saudara.

Scene dimana Bu Rus bercerita, bunda Tika gundah gulana sukses membuat gie mewek. Kita terbiasa menilai orang berdasarkan presepsi kita dan kadang rasa tidak enak membuat kita memendam perasaan kita dan justru membuat kita menjadi memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan. Akhirnya, salah satu harus ada yang mengalah. Kadang ketika kita sedang di atas, orang terdekat kita jadi tidak mau berterus terang dengan alasan takut menganggu sedangkan kita sendiri kadang lupa siapa saja yang ada di sekitar kita apalagi jika kita sudah jarang berkomunikasi dengannya.

Cinta, ya....film ini mengajarkan tentang cinta yang tulus. Bisnis yang tidak hanya berfikir mengenai keuntungan perusahaan semata namun juga bagaimana membangun etos kerja yang baik. Kertika karyawan merasa bisnis ini milik mereka maka mereka akan bekerja dengan cinta. Jika mereka berkerja dengan cinta maka hasil kerja mereka pun akan lebih baik.

Keke sendiri berasal dari bahasa sunda KeuKeuh yang berarti ngotot atau tidak bisa dilarang, falsafah yang diambil bunda tika dalam menamakan brand-nya. Bunda memang seorang yang jika memiliki kemauan akan keukeuh atau ngotot untuk mewujudkannya. Tentunya dalam arti baik, karena kadang kita ngotot dalam sesuatu yang sebenarnya kurang baik.

Acara kemarin seperti biasa seruan bareng Bunda Aie, Ifa dan Nia . Karena seus Nia sempat kehujanan dan makan dulu, akhirnya masuk bioskop sempat duduk di belakang karena tidak melihat kami yang sudah menyiapkan kursi untuknya.




Setelah di kasih kode, seus Nia langsung turun gunung dan bergabung bersama kami. Dua Kodi Kartika sukses membuat jiwa bisnis gie yang kering kerontang menjadi semakin terisi, jika bunda saja yang saat memulai bisnis sudah berkeluarga, masa gie yang masih sendiri malas.

Yang belum nonton rugi banget deh, jangan lupa beli bukunya juga karena bukan sekedar buku bisnis biasa.

Ngobrol cantik sambil menunggu jemputan

Taken by ebhi



Wassalam,
Love ^^
gie

19 comments:

  1. galak amatan Seus posenya :p

    Seru ya filmnya, ga nyangka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah senyum itoooh hahaha....cetakan jeng cetakan

      Iya bener, diluar xpektasi banget....aku sukak !

      Delete
  2. Mamtir, poto kecil2, poto terakhir burem.. ngga layak tayang hahahha.. Btw salut sama perjuangan si Ibu, kebayang kl nonton segukan deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan ? Ukurannya udh xtra large loh

      Yang ootd yah, baeklah akoh revisi nanti

      Delete
  3. Wah penasaran sama filmnya :) jadi pengen nonton aplagi ada yg berbau manajemen keluarga ke profesional ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak nonton sekalian baca bukunya...manfaat banget deh :)

      Delete
  4. aku terharu banget scene Bu Ika Bu Rus, scene anak2nya yang nyeritain mamanya kalau nggak ada sedikitpun paksaan dan bisa milih sesuai passionya. Kalo kata anak masa kini: mami goals yah :p

    Jadi penasaran sama novelnya deh ya

    ReplyDelete
  5. Keren filmnyaaa, soal hasil kerja keras bgt. Penasaran pengen nonton,tp katanya ga ditayangin di bioskop ya mba gie? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok tapi memang nggak semua, coba cek di web nya KeKe deh :)

      Delete
    2. Ada kok tapi memang nggak semua, coba cek di web nya KeKe deh :)

      Delete
  6. Cantik banget mba anggie :D
    Suka outfitnya :D
    Wah.. Jadi penasaran sama filmnya.. Hana nanti nangis ngga ya kayak mba anggi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih hana yang juga cantik :)


      Minimal berkaca kaca deh pastinya hehehe

      Delete
    2. Makasih hana yang juga cantik :)


      Minimal berkaca kaca deh pastinya hehehe

      Delete
  7. Filmnya tampaknya bagus yah Neng, tapi kabarnya ga beredar di bioskop yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gie sih beredar mak di jaringan XXI tertentu

      Delete
  8. Anggieeee, itu foto HOTDnya bureeem.. Kekecilian resizenya apa? Aku penasaran endingnya dong dong dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mama belum sempet dibenerin hahaha, maklom kebanyakan yg dikerjain *nyegir kuda*


      Nonton makanya, seru deh *jempol*

      Delete

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email