Tuesday, July 14, 2015

Jelajah Kalimantan : One of my Dream

Kalimantan, apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata ini ? Kalau gie sendiri jujur yang pertama terlintas adalah Suku Dayak dan yang kedua Hutan. Kenapa ? karena sejak kecil belajar geografi Kalimantan merupakan pulau dengan luas hutan terbesar di Indonesia, di Kalimantan juga terdapat suku Dayak. Seiring bertambah usia, gie jadi tahu kalau Icon DUFAN yaitu Bekantan, salah satu jenis monyet yang hidup di Kalimantan dan gie juga baru tahu kalau ada DUREN yang enak banget dan berwarna merah dari kalimantan.

Hasil gambar untuk durian merah kalimantan
source

Tau Duren ini gegara senior gie si Mas Jamal yang hobinya bawa kapal dari Jawa ke Kalimantan PP dan suka banget ngirimin foto makan Duren di Kalimantan. Berhasil bikin satu grup Whatsapp ngiler terutama gie. Pulang ke Jawa bukan bawa Duren merah malah bawa batu kecubung (yang langsung di protes sama penghuni grup tapi terima kasih juga :D).

Hasil gambar untuk bekantan
source

Buat generasi 90an kayak gie, siapa sih yang nggak tahu DUFAN dengan icon nya yang melegenda itu. Dunia Fantasi yang dulu merupakan satu-satunya di Indonesia. Tempat kita para anak kecil bertualang dan menikmati permainan dengan suka cita. Selain dua hal di atas, gie semakin mengenal Kalimantan ketika Nicha sahabat SD gie pindah ke Banjar Baru. Dari sana dia bawa oleh-oleh batu alam yang cantik sekali (sekarang lagi demam batu akik). Nicha bercerita mengenai Banjar Baru dan Banjarmasin yang Indah namun sepi, yang alami namun cukup modern. Semakin jatuh cinta ketika gie banyak memiliki teman yang bertugas di wilayah Kalimantan. Walau banyak dari mereka yang bertugas di hutan dan di perbatasan Indonesia namun tidak sedikit yang berada di kota.

Mendengar berbagai macam cerita baik dari teman maupun kerabat, membaca blog atau buku yang membahas mengenai Kalimantan atau menjelajah alam Indah Kalimantan membuat gie iri. Sejak dulu gie selalu memiliki keinginan untuk menjelajah Nusantara (makanya cita-cita jadi Ibu Persit #lho :p). Entah kenapa gie selalu memiliki Idealisme harus menjelajah Nusantara, nggak ngiri tuhs ama temen-temen kalau mereka bisa ke Luar Negeri (apalagi negeri sebrang doang :p) tapi pastinya memiliki cita-cita berkunjung ke Tanah Haram dan Eropa :D

Buat gie alam Indonesia tidak kalah menyenangkan. tidak kalah indah dan misterius. Apalagi kawasan Kutai yang menurut gie dan cerita yang gie dengar masih mistis. Melihat dan membaca mengenai Kutai membuat gie ingin mengunjungi Kutai terutama ingin belajar mengenai sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara sehingga bisa menjadi Islam. Melihat Suku Dayak Asli dan katanya perempuan Dayak yang cantik dan putih (padahal jaman SD sempat tertukar Dayak dengan Asmat :D). 

Selain cuma bisa baca nama-nama kota d Kalimantan dalam peta maupun berita, gie juga penasaran melihat habitat asli orang utan. Walau gie penakut sama binatang dan baru melihat orang utan di Ragunan, nggak ada salahnya dong gie melihat ke habitat aslinya di Palangkaraya. Wah, serasa gie sudah berkelana ke sana deh jadinya...alam yang Indah, kuliner Nusantara yang kaya serta masyarakat dan budaya yang beragam membuat gie semakin bersyukur dilahirkan di Indonesia dan dibersarkan di Indonesia.

Anggrek, salah satu bunga cantik yang tersebar luas di hutan Kalimantan. Memiliki beragam spesies yang jumlahnya mencapai ribuan dan salah satu primadonanya adalah si Anggrek Hitam. Kok gie tau ? soalnya Bude di Cibubur pecinta Anggrek dan kalau main ke sana pasti beliau cerita soal Anggrek dan kecintaan beliau kepada salah satu bunga nasional ini.

Hasil gambar untuk anggrek hitam kalimantan
Penampakan Anggrek Hitam

Kuliner, Flora dan Fauna sudah sekarang tinggal keindahan alam yang katanya ada di pulau surga bernama Maratua. Jujur ya kebanyakan orang termasuk gie cuma tau Bali sebagai surga, ternyata Kalimantan punya pulau cantik yang masih jarang orang Indonesia tau (kalau orang asing jangan ditanya, informasi mereka lebih up to date). Maratua adalah salah satu pulau yang paling terkenal dari 4 pulau di kepulauan Derawan yang memiliki 31 pulau. Pulau Maratua posisinya terletak di bagian terluar Indonesia yaitu di Laut Sulawesi yang berbatasan dengan Negara Malaysia dan Filipina.

Hasil gambar untuk maratua
Source

Lihat dong air lautnya yang biru kehijauan, langit yang biru jernih (di Jakarta mah boro-boro deh, ngeliat air kali coklat aja masih beruntung. Kebanyakan hitam dan bau, makanya nggak heran kalau banyak orang malas jalan kaki di Jakarta #lho). Bahkan ada paket untuk honeymoon  yang bikin mupeng (lho jadi kemana-mana ha ha ha #MrA kudu dikasih tau nih :p).

Nggak lengkap dong kalau kita nggak belajar budaya dan kearifan lokal. Indonesia memiliki kekayaan dan aneka ragam suku bangsa yang menjadi unik dan sarana memperkaya Ilmu. Subhanallah, keindahan alam Indonesia tidak dapat digambarkan dengan suku kata. Sebuah perjalanan buat gie juga merupakan napak tilas dan rasa syukur mengagumi kebesaran Allah. Menikmati keindahan ciptaan Allah yang sempurna, bertasbih atas kemegahan ciptaan-Nya.

Pengalaman menjelajah Kalimantan akan semakin mempesona dengan menggunakan Daihatsu Terios TX Spirit Royal Red.

Source

Kenapa Terios dan kenapa merah ? Karena impian gie punya mobil Terios dan gie suka warna merah. Alam Kalimantan yang konturnya tidak semulus di Jawa (kata saudara dan travel blogger) membuat mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) sangat cocok di sini. Terios menurut pengalaman penggunaan gie dan keluarga jalan-jalan di Jawa baik melalui jalur utara dan selatan tidak ada hambatan berarti dan irit  ! ini penting, sebagai emak rempong pecinta gratisan dan hemat tapi mau hasil maksimal ya Daihatsu Terios pilihannya. Walau sampai sekarang masih belum bisa nyetir (masih nabung buat beli mobil impian si TX Spirit Royal Red) da masih duduk manis di Terios seri lama tapi bersyukur nggak kepanasan dan kehujanan :D

Tulisan ini gie sertakan dalam Lomba Blog Viva Terios 7 Wonder 

Love
gie ^^

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email