Wednesday, October 31, 2012

Negeri 5 Menara

 


Film yang sependek pengetahuan saya dibuat berdasarkan novel karya A. Fuadi dengan judul yang sama.
Jujur, saya belum sempat membaca novelnya dan saya juga belum sempat nonton film nya di bioskop.
Tapi beberapa waktu lalau SCTV dalam rangka Idul Adha 1433H menyiarkan film ini.
kalau yang saya tonton di SCTV, film dibuka adegan antara Alif dan sahabatnya di kampung yang abru saja lulus SMP.
Alif ingin melanjutkan SMA di Bandung dan masuk ke ITB begitu juga sahabatnya. Namun orang tua Alif ingin Alif masuk pondok pesantren di jawa. Alif dalam dilema, sampai akhirnya ayah Alif membawa Alif pada transaksi penjualan kebau. Setelahnya mereka berdiskusi sambil makan durian.
Alif pun mengerti dan memutuskan untuk bersekolah di pesantren madani di jawa.
Di sana Alif bertemu lima sahabatnya dan mereka kemudian dikenal sebagai Sahibul Menara, dikarenakan mereka sering berkumpul di bawah menara masjid.
Alif punya ketertarikan di bidang jurnalistik sehingga Alif bergabung dengan majalah pesantren.
Cita-cita mereka sangat tinggi dan berjanji suatu saat akan bertemu lagi dengan foto di bawah menara negara yang akan mereka kunjungi.
Sayang, ditengah perjalanan Baso, salah seorang sahabat Alif dari sulawesi harus kembali pulang dikarenakan neneknya sakit keras dan tidak ada yang merawat.
Kisah berlanjut sampai akhirnya ditutup oleh pertemuan Sahibul Menara sesuai janji mereka.

Menurut saya sih endingnya kurang greget dan pada saat film berlangsung juga seperti ada yang kurang gimana gitu. Saya suka pemeran Sahibul Menara pada saat remaja, rata-rata wajah yang baru saya lihat namun akting mereka bagus menurut saya. saya menikmati filmnya walau gregetnya kurang terasa.
Banyak hal yang saya ambil dari film ini, salah satunya semangat MAN JADDA WA JADDA siapa yang bersungguh-sungguh maka akan tercapai cita-citanya [terjemahan bebas].
Buat saya yang penuh mimpi dan sering sekali mengalami penurunan semangat, kehadiran film atau buku seperti ini seolah menjadi oase di padang pasir nan luas.
Saya harus beli bukunya, atau minimal membaca bukunya agar saya tidak penasaran :D












No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^

Followers

Follow by Email