Blogger Horeey : Museum Ullen Sentalu

Assalamualaikum Reads,

Election Governer di Jakarta panas dan bahkan rame nya sampe satu Indonesia. Padahal tanggal 15 besok itu ya pilkada serentak ga cuma Jakarta aja. Kenapa sih Jakarta heboh ? Selain Ibu Kota negara tetapi juga karena kasus yang menerpa petahana governor sekarang ini.

Nah...panas deh bahas politik, mending bahas #bloggerhoreeyjogjatrip aja ya hahaha. Post ke 3 ini bahas tentang Ullen Sentalu dan makan siang di Beukenhof Resto yang ada di kawasan Ullen Sentalu juga.




Setiap senin Ullen Sentalu dan Beukenhof tutup ya reads, jadi kalau ke sana baiknya selasa - minggu. Setelah dari Wisata Alam Kalibiru kami sarapan di jalan menuju ke Ullen Sentalu. Sampai Ulen sentalu langsung gie mencari toilet, maklum sudah memendam rasa dari lama hahaha.

Baca : Bayik Mamtir Keliling Jogja

Masih pagi, pengunjung yang datang pun belum terlalu banyak dan lebih banyak yang tour lava merapi. Tadinya kita ada pilihan lava tour juga tapi karena udah pada ke sana jadi beralih ke Ulen Sentalu. Kalau gie sendiri belum pernah juga lava tour, nggak masalah juga ga ke sana karena pengalaman di sini nggak kalah menarik.

Ullen Sentalu






Tiketnya kece kan, wayang-wayang gitu hehehe...masuk di sini kudu sabar.
1. Sabar nunggu antrian karena masuknya rombongan dengan 1 pemandu
2. Sabar nahan diri narsis, karena nggak semua tempat boleh asal foto.

Baca : Yogya, Kami Datang! 

Bangunanya....mistis sih kalau kata gie tapi di sini gie alhamdulillah nggak ngerasa aneh-aneh. Kita masuk bareng satu keluarga besar gitu yang....berisiknya ampun deh, gie aja sampe ngekor deket sama mbak pemandu, habis itu rombongan heboh sendiri. Mana ada yang genit lagi sama bunbes and mamnay, langsung aja dikasih tatapan ala mamtir *kibas jilbab.

Museum Ullen Sentalu didirikan oleh keluarga Haryono yang mewarisi kebudayaan Jawa secara turun temurun dari keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya. Museum Ullen Sentalu sesuai dengan makna semantiknya memiliki makna nyala blencong yang menerangi. Museum ini merupakan sebuah konsep dari misi pelestarian nilai dan martabat budaya jawa (sumber).

Berkunjung ke sini adalah pengalaman baru bagi gie, begitu baca ittenary  yang Nia buat langsung aja gie seneng banget mampir ke museum. Apalagi Ullen Sentalu memiliki bentuk bangunan yang tidak biasa, kalau museum di Jakarta kebanyakan adalah gedung bekas peninggalan Belanda kalau di Ullen Sentalu beda.

Ullen sentalu sekilas seperti gua-gua alam gitu, dibangun di perbukitan (cmiiw) dan emang pertama masuk kita ke atas (lobby) terus ke bawah gitu. Seolah menyatu dengan alam, pokoke gie seneng banget ke sana (dan aura mistis sangat terasa lho). Bunda Aie aja sampai merapat ke gie pas di bawah, mungkin karena banyak lukisan tua dan arca serta berbagai macam peninggalan jaman baheula ya.

Sampai di bagian hampir akhir kami ke satu ruangan khusus yang berisi barang-barang Gusti Nurul. Reads tau dong beliau siapa ? Beliau adalah putri tunggal dari K.G.P.A.A Mangkunegoro VII dan terkenal akan parasnya yang cantik. Banyak pembesar yang menyukai beliau, namun akhirnya beliau melabuhkan hatinya kepada salah seorang perwira militer yaitu RM Soerjo Soejarso.

Sepanjang di museum Ullen Sentalu kita akan menikmati berbagai karya seni baik lukisan, foto, gamelan, dan berbagai peninggalan yang sangat menarik. Di tengah perjalanan bersama guide kita akan disuguhi minuman (jahe hangat) sambil duduk manis di sebuah ruangan yang indah. Maklum sepanjang tour kita dilarang untuk makan dan minum, makanya disediakan ruangan khusus.

Semoga ada rezeki lagi ke sini bisa ngajak kesayangan main ke sini ^^




Beukenhof Resto


Wassalam,
Love ^^
gie

12 comments:

  1. mbak, mana foto museumnya? yang dibelakang itu bagian dalamnya ya? hehe apa gak boleh foto2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam ga boleh foto, bagian luar ada tapi lupa dimana hahaha lagi dicari mbak.

      Delete
  2. Iya kok nggak ada fotonya mba? Apa memang di dalamnya nggak boleh bawa kamera ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam memang dilarang, klo area luar boleh.

      Delete
  3. aku belum pernah nih ke ullen sentalu, semoga bisa ke jogja lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, jangan lupa mampir ke sini klo di Jogja ya ^^

      Delete
  4. oh namanya berbau bali2 gitu ternyata di jogja ya, thanks reviewnya, buat jadi list klo liburan ke jogja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali ^^ cuss langsung mengunjungi ke sana, dijamin nambah hehehe

      Delete
  5. Ya ampun ini belum ada alisnya yah sist hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nggak make up sis wkwkwkwk, secara belum ada yang kirimin *eaaa cukup lipen cetar membahana biar keliatan seger (kek habis mandi) :p

      Delete
  6. Museum ini adalah salah satu dari list tempat di Indonesia yang sangat ingin saya kunjungi. Sejak lihat foto-fotonya, langsung jatuh cinta sama tempat ini. Tapi masa ga boleh foto-foto di dalemnya? Sayang sekali.

    Sesama member blogger Cronny juga nih, salam kenal ya.
    Kalau ada waktu, silakan main ke blog saya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir. Yup, mampir mampir pastinya.

      Iya di dalam nggak boleh foto dengan beberapa alasan.

      Delete

Syukron for coming ^^