Tujuan Wisata Singapura 3D2N Bagi Pemula #Day1

Assalammu'alaukum Reads,

Masih dalam rangka #liburangie long weekend kemarin, mau lanjut nih postingan selanjutnya. Sebelumnya gie cerita selama tiga hari di sana ngapain aja. Postingan kali ini gie pengen lebih spesifik membahas tujuan wisata gie di sana yang gie breakdown jadi perhari.

Baca : Jalan-jalan Ke Singapura Bagi Pemula

Selama 3D2N gie di sana sama emak semua wisata yang kami datangi gratis [modal beli EZlink buat naik MRT aja]. Maklum aja modal gie ke sana kan emang nekat wkwkwkwk, wisata itu nggak harus mahal dan mewah. Sesuaikan sama kantong aja tapi bukan berarti harus pelit sama diri sendiri juga.

Ittenary ini masukan aja ya, bisa diaplikasikan semuanya atau ambil beberapa saja, sesuaikan dengan kebutuhan selama kalian di sana reads. FYI, emak selama di sini banyak jalan juga makanya pas pulang langsung refleksi (pijet di spore mahal reads πŸ˜”).

Orchard Road, Little India & China Town

Jakarta - Singapura gie pilih penerbangan paling pertama, naik Air Asia dari Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta. Pas datang gie ngantri check in (masuk dari pintu 4), pas mau masuk imigrasi ngeliat ada tulisan Automatic Gate (Indonesian Pasport) gie ke sana dan menanyakan kepada salah satu penumpang. Ternyata itu untuk pemilik e-pasport. Karena gie paspor biasa jadilah mengantri bersama dengan yang lainnya.


Lewat imigrasi emak haus, belum ada yang buka selain Old Town White Coffee, ternyata sebrangnya ada minimarket. Beli air minum harga IDR.10k, anggap aja udah di Spore wkwkwkwkwkk. Sambil nunggu kita poto-poto dulu lah, sebelumnya kita udah sarapan sambil nunggu hujan yang mengguyur Jakarta dari jam 1 dini hari. Alhamdulillah selepas subuh sudah mulai gerimis dan ketika kita flight sudah cerah cuaca.

Changi adalah salah satu bandara tersibuk dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Kebetulan Changi baru saja membuka Terminal 4 yang mana semua fasilitas di sana otomatis. Alhamdulillah gie berkesempatan merasakan terminal baru Changi (nanti akan gie post terpisah ya). Dari Changi T4 kami menuju Changi T2 menggunakan bus. Tenang aja ada petunjuknya kok jadi nggak akan kesasar (keluar check barang setelah imigrasi belok ke kanan dan ikuti petunjuk).

Bus Menuju Changi T2

Lanjut menuju ke MRT (cari signage/tanda dengan tulisan Train To City) untuk menuju ke pusat kota singapura. Turun eskalator nanti akan melihat pintu masuk MRT dan penjualan tiket, bagi yang belum punya EZlink atau STP  harus beli dulu (loket ada di kiri eskalator/tangga bukan yang di depan tangga/eskalator ya. Yang di sini khusus untuk isi ulang aja).

FYI : gie beli EZlink SGD20 dan Top Up SGD20

Selesai beli/isi ulang EZlink lanjut masuk aja dan menuju stasiun tanah merah. Naiknya dari sebelah kiri ya, kalau yang kanan kalian akan ke Pasir Ris dan malah jauh ke ujung Singapura bukan ke tengah kota. Sampai Tanah Merah kita transit dan naik MRT Jalur Hijau, karena gie nginep di AlJunied jadi nggak harus ganti kereta (pastikan ambil map di bandara jadi kalian ga repot cari stasiun MRT terdekat plus pastikan mencatat alamat hotel karena harus ditulis di kartu imigrasi yang dibagikan di pesawat).

Ekspresi Dalam MRT

Dari Al Junied gie langsung makan dulu di Mufiz, pas turun eskalator jangan lupa tap di pintu keluar langsung ke kiri aja. Reads bakalan nemuin parkiran sepeda dan hamparan rumput, turun tangga langsung ke kiri deretan rumah makan (ada papan penunjuk Geylang Lor 25A). Makan di Mufiz pilih Nasi Briyani, Teh Tarik Panas dan dingin plus dua pastel. Total kerusakan sekitar SGD 8.70 (sekitar IDR 87000).

Sempet nyasar pas mau ke Lor 15, jadi dari Mufiz kita menuju jalan raya (Sims Avenue) belok ke Kiri (ini gie sok yakin) ternyata salah karena makin besar angkanya. Untung baru jalan nggak sampai 200 meter πŸ˜‚ langsung balik arah dan menuju Lor 15. Nyebrang Al Junied Avenue terus menelusuri Sims Avenue sampai ketemu Lor 15, belok kiri langsung keliatan deh Hotel gie Chang Ziang (yang bakalan gie post sendiri).

Al Junied MRT Station

Udah Kenyang, lanjut cari Hotel

Orchard Road

Setelah meletakkan barang balik lagi ke Al Junied Station dan melanjutkan ke Orchard. Tujuan gie adalah Lucky Plaza karena mau cari titipan Jam Tangan sambil mampir ke Flea Market (kebetulan 30/11 kemarin). Sempet icipin es potong (SGD 1.20) yang masih (lumayan) murah bandingin dengan yang ada di mall Jakarta sini dan rasa es krim nya beda.





Lucunya dari ION Orchard mau ke Lucky Plaza gie sama emak mau lewat bawah (underpass) masuklah kita ke salah satu gedung dan salah jalan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Ternyata itu gedung yang bener (pulangnya lewat sini juga) dan akhirnya naik lagi ke atas terus ke penyebrangan deh. Nggak sampai ke ujung orchard nya sih, soalnya fokus cari titipan. Kalau belum dapet itu asa ngeganjel, pan amanah yak. Ringan dibawa tapi berat pertanggung jawabannya kelak.

Di Lucky Plaza bisa buat beli oleh-oleh, makan, jajan atau sekedar lihat-lihat. Jam tangan sendiri gie perthatikan di Singapore banyakan merek Citizen, Seiko, Swatch, G-Shock, yang gie cari (titipan) AC nggak nemu. Di Lucky Plaza sendiri gie lihat banyak toko filipino dan ada kantor perwakilan Cebu Airlines (cmiiw).

Enaknya di Singapura banyak banget ATM bertebaran dimana-mana jadi nggak repot lagi. UOB, atm yang paling banyak gie liat baik di mall maupun di stasiun MRT. Untuk sekali penarikan biayanya IDR 25-50k (tergantung bank anda) jadi pastikan kalau ambil sesuai atau secukupnya, jangan sedikit-dikit ambil (ingat kurs SGD juga πŸ˜‚).




Sebelum menuju ke Mustafa Center, gie sama emak mampir dulu di ION Orchard dan nemu Cotton On lagi sale. Langsung aja deh beli keperluan yang kalau di Jakarta mau beli mikir dulu hahaha, gie aja shock banget deh di sini harga terjangkau buat gie (mahalan di Jakarta kalau udah di konversi ker rupiah).

Mustafa Center

Dari Lucky Plaza kita lanjut ke Mustafa Center yang ada di Little India (MRT terdekat Farrer Park). Sempet bingung pas keluar karena ada 8 pintu keluar gitu *klo ga salah* better pilih ke arah City Hall Mall dan nanti naik eskalator keluar (pintu H) udah tinggal nyebrang aja (ada hotel fortuna di kanan - pastikan kalian jalan di sebrang hotel fortuna). Ikutin aja banyak orang yang jalan ke arah sana kok.

Kalau keluar dari Pintu  pasti akan berhadapan dengan jalan ini
Dari foto di atas bisa dilihat kan Fortuna Hotel nah reads gampang aja tinggal jalan ke kiri nyebrang (liat bapak dan anak baju kuning kan, nyebrang ke arah jalan yanga da sepeda itu). Ikutin jalan aja nggak sampai 300m kok udah ketemu deh Mustafa Center 😊

Hari Pertama gie sama emak emang fokus cari titipan dan beli oleh-oleh (buat diri sendiri πŸ˜‚). Karena emang lagi belajar kalau pergi bawa diri aja, ga sibuk mikirin oleh-oleh buat orang lain (yang kadang asal beli/murah). Cukup oleh-oleh tulisan aja ya hehehe, pulang dari Mustafa Center sholat ashar di Masjid Little India dan jalan kaki menyusuri Little India, naik MRT dari Little India menuju ke China Town.


Lorong Mustafa Center



Mustafa Center ini segala jenis barang ada semua, mulai dari makanan, buah-buahan segar maupun kaleng sampai elektornik dan jam tangan ada semua. Di sini gie nemu titipan temen gie tapi ternyata harganya lumayan. Jadi butuh approval dulu kalau mau beli. Nggak sempet nanya ada WiFi nggak di sini soalnya kalap liat coklat. Beli Ovomaltine yang murah bener sama roti tawar yang lembut dan berasa banget susunya (padahal ambil yang paling murah πŸ˜‹).

Keluar Mustafa Center kita mampir ke Masjid Angullia - Little India. Sempet bingung apa perempuan boleh masuk, habis nggak liat ada perempuan. Ternyata perempuan bisa masuk dari samping dam wudhu di dalam ruangan. Tempat sholat sendiri ada di lantai 2 dan disediakan mukenah.




Nah dari masjid kita nggak ke MRT Ferrer Park tapi menuju MRT Little India. Sambil Jalan-jalan gitu di sini. Sebelum lanjut menuju Chinatown. Sepanjang jalan banyak toko emas, oleh-oleh, pakaian, bahan, bahkan salon khusus muslimah. Kita lewatin kuil juga, lagi rame yang berdoa. Menuju MRT Station kita lewatin pasar gitu, kalau di sini kayak pasar modern BSD atau Bintaro tapi dia sebelahan sama gedung apartemen gitu. Banyak banget buah segar, sayuran segar dan bunga segar sepanjang jalan.



Chinatown Singapore 

Dari Little India lanjut dong ke Chinatown, kata emak sekalian pegel. Lagian baru hari pertama di SIN jadi kudu dimanfaatkan sebaik mungkin.  

Lagi-lagi salah keluar di sini wkwkwkwkwk, jadilah nyebrang jalan barengan orang pulang kerja menuju China Town. Pas banget maghrib sampai sini dan enaknya ada Masjid pas sebelah China Town, walau masih bingung cari makanan halal akhirnya jajan Old Chang Kee aja sih.








Belanjaan Emak

Kita masih lanjut cari titipan yang ternyata ada, pulangnya kita turun di Kallang dan jalan kaki jauh banget ke Hotel. Makan malemnya Old Chang Kee (Sumpia O -nya enak banget) yang tadi kita beli dan roti + ovomaltine hasil jajan di Mustafa Center.


Wassalam
Love ^^
gie

SEBELNYA TOILET DI SINGAPURA JARANG ADA SEMPROTAN BUAT CEB*K !!!!! Jadi pastikan kalian bawa tisu basah ya.

14 comments:

  1. Kejadian juga sama aku tuh Ovomaltine, hahaha. Ga pakai bagasi dan ga sadar kalo itu kudu masuk bagasi, alhasil biar ngga berasa rugi banget makan dulu di bandara, hahaha. Btw tante belanjaannya banyak ugaaa, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending bisa dimakan, aku udah langsung ditarik aja. Clearasil sih yang bikin ngenes, liat harga olshop bisa 3-4x harga di sana ku menangis hahaha.

      Delete
  2. Jadi kalau no bagasi harus diperhatiin bener bawaannya ya kak.

    ReplyDelete
  3. Wah dari dulu pengen jalan bareng ibu ke LN belum terlaksana aja..Semoga dimampukan, minimal umroh lah hehe, asyik ya jalan2 bareng ortu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga disegerakan dan dimudahkan Umroh sama Ibu ya ^^

      Delete
  4. Waah, sama emak ya :)
    Kayaknya emak ngeborong hihihi. Mamaku pasti seneng klo diajak ksitu, jadi mauuu..tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nyenengin emak judulnya :D
      Ngeborong pake bingits hahaha, gpp lah buat emak mah :D
      Makasih ya sudah mampir ^^

      Delete
  5. Muka emaknya mamtir happy banget! Seneng deh liatnya. Belnjannya juga banyak yuaa.

    Wkwkwk btw ku kalah nih ma emak blm pernah ke spore.doakn ada rezeki yah:")

    btw membantu banget postingannya nih mamtir. Sangkyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah fa, makasih udah mampir.

      Insya Allah soon Ifa kebagian rezeki jalan jalan ya xoxo

      Delete
  6. Ah seru banget bisa ajak mama jalan-jalan berdua :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  7. Duh nggak sabar ingin geura-geura kesini barengan mamtir :))

    ReplyDelete

Syukron for coming ^^