Sertifikasi Merek Rityhandmade



Assalammu'alaikum Reads,

Rabu, 17 Februari lalu gie mendapat kesempatan untuk ikut Bimbingan Teknis Kementrian Koperasi dan UKM di Narita Hotel Tangerang (Khusus Jabodetabek). Sebelumnya mau cerita dulu kenapa bisa ikut acara ini, jadi begini +Rity Handmade  saat ini sedang dalam proses pendaftaran merek di Kemnkumham. Kami menginginkan merek +Rity Handmade terdaftar dan tidak digunakan oleh pihak lain. Oleh karenanya sejak dini kami mendaftarkan merek tersebut.


Prosesnya adalah :
1. Download Form di sini
2. Isi dan Print Out
3. Lampirkan KTP dan NPWP
4. Lampirkan Etiket (Logo atau Gambar Merek) sebanyak 20 Lembar
5.Semua Dokumen di Scan dan masukkan dalam CD
6.Dokumen di atas dan CD serta Company Profile dimasukkan dalam map/amplop dan diserahkan ke KUKM


Itu yang gie kerjakan, sebelumnya ke Kemhumkam ketemu CS (Mbak Dini) diarahkan ke Bu Yanti (Kabid Sertifikasi KUKM) lalu ikut proses di atas. Karena saat ini pembiayaan masih dalam proses lelang (maret 2016) kalau mau ikut Pameran yang diadakan KUKM harus punya tanda daftar merek (bisa langsung daftar mandiri ke Kemhumham IDR600k dengan membawa kelengkapan dokumen. Kalau mau gratis ya nunggu dari KUKM tapi nggak bisa ikutan pameran selama tanda daftar belum ada).

Menurut rekan sesama UKM katanya harus ada domisili, SKU, SIUP, dll dan gie belum urus itu :(
Masih cari konfirmasi dari pihak KUKM harus bagaimana, karena pelatihan kemarin cukup memberikan ilmu baru juga. Ditawarin masuk menjadi anggota koperasi yang dibina langsung oleh pemprov DKI. Dari Bimtek kemarin gie jadi banyak tau kalau mengurus sebuah merek itu tidak mudah, butuh 14 bulan sejak merek terdaftar sampai keluar ijinnya (sementara akan diberikan bukti bahwa merek tersebut sedang diproses pendaftarannya).

Merek pun berlaku surut selama 10 tahun dan apabila tidak diperbaharui maka orang lain berhak menggunakan merek yang sama. Selain itu jika selama 3 tahun tidak ada aktivitas produksi dan penjualan maka otomatis merek tersebut sudah tidak terdaftar atau batal dan orang lain bisa mendaftarkan merek yang sama. Nah buat UKM harus rajin cari ilmu dan informasi, karena kadang pemerintah sudah sosialisasi tapi masih pakai cara lama dan kurang memanfaatkan teknologi, jadi kita sebagai UKM harus jemput bola jangan hanya menunggu saja.

Always dong selesai acara kita #HOTD makasih ya anggota UKM dari bogor sudah merepotkan :D
Setelah dilihat gie kayak mau naik kuda ha ha ha....Sepatu tentu produk +Rity Handmade Jas dan Kerudung dari +Restu Anggraini  Bag dari +DKNY Jeans dan Manset Unbranded. Ingat Kata Opa Sammuel kalau Local bisa dipadukan dengan produk Global ^^


Love
gie ^^

5 comments:

  1. Wahh kerenn... semangat Gie, pjuangan msh panjang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacii buyu...semangat juga buat buyu, barakallah xoxo

      Delete
  2. Replies
    1. Datang IFW2016 Assembly HallBooth 091 Jangan Lupa xoxo

      Delete
    2. Sip, sekalian nanti pas nonton shownyaa, hohoho.

      Delete

Syukron for coming ^^