A Discuss

Assalammu'alaikum Reads,

beberapa waktu lalu gie and tan rina discuss about Hijab, specifictly about my hijab. She ask me for help her in office, but suddenly her boss don't want I used my Hijab out of office (because She is a sales, so I'll be her partner and meet more people).Her boss told me if I can opened my Hijab, gie bisa bergabung dengan mereka. But, tance respect me more. She fight about me to her boss, but I told her, jika memang ini yang terbaik dari Allah buat gie maka Allah akan mudahkan jika memang sebaliknya maka gie tidak akan kecewa.

Hijab, bagi sebagian orang terutama bagi non muslim masih dianggap sebagai sebuah budaya, terutama budaya arab. Ternyata sampai hari ini masih tidak mudah untuk bisa memberikan pengertian atau setidaknya informasi yang baik dan benar mengenai hijab. Apalagi kepada mereka yang usdah mengangga Hijab sebagai budaya atau Hijab sebagai sebuah pembatas bagi perempuan atau Hijab sebagai sebuah paksaan.

Tidak mudah menyampaikan kebenaran ditengah ketakutan akan radikalisme, akan berita dunia yang sedang heboh dengan ISIS dan lain sebagainya. Menjaga identitas diri dan mempertahankan kesederhanaan ditengan gempuran fashion, banyak pertanyaan kenapa gie tidak fashionable dalam berhijab padahal sekarang sudah banyak hijab fashion, kenapa gie nggak begini, begitu dan lain sebagainya. Bahkan ada yang menyampaikan "Pakai aja jilbabnya tapi kalau keluar kantor ya dibuka aja" Astaghfirullah, sedihnya yang menyampaikan ini bukan si tance yang nonmuslim malah justru muslimah yang berhijab pula...Naudzubillah

Insya Allah gie nggak pernah tergoda untuk membuka hijab, sejak pertama gie memutuskan berhijab gie Insya Allah Lillahita'ala, bukan karena siapapun tapi karena memang gie sadar bahwa Allah memerintahkan wanita mukmin untuk berhijab (Al Ahzab : 59). Tantangan itu datang dari mana saja, dari orang terdekat, teman, sahabat, bahkan dari orang lain. Namun yang terberat adalah ketika kita berhijrah lebih baik, menjadi lebihd ekat dengan Allah justru kita menjadi asing bagi keluarga kita sendiri. Salah-salah mereka menganggap kita sudah bergabung dengan kelompok tertentu, sudah menjadi radikal dan sebagainya.

Penting, sangat penting bagi setiap muslimah untuk menjadi cerdas. Cerdas menjawab berbagai pertanyaan terutama dari mereka yang nn muslim, bagaimana menyampaikan kebenaran bukan dengan paksaan melainkan dengan senyuman. Bukankah Islam adalah Rahmatan Lil 'Alamin ??? Rahmat bagi seluruh alam semesta ? tugas kita sebagai agen muslim yang baik, menyampaikan kebenaran bukan dengan arogansi tapi dengan kesabaran dan senyum. Kalau memang mereka tidak mau terima, "Bagimu agamamu, bagiku agamaku." (Al Kafirun : 6)

Sebuah diskusi yang mengingatkanku pada diskusi dengan Peter, Barry dan Alex s4, diskusi yang membuat gie semangat belajar dan mengkaji lebih baik lagi. Bukan...bukan untuk sok pintar atau sok tau, tapi gie mau memberikan jawaban yang benar. gie nggak mau mereka terjebak dengan pikiran negatif mereka hanya karena mendengar atau melihat berita yang negatif mengenai Islam di media. Kita, kita adalah agen muslim yang merepresentatifkan Islam. terutama muslimah yang berhijab, kita harus menjaga diri, hati, lisan dan laku kita.

Manusia memang tidak sempurna, itulah gunanya teman, sahabat dan keluarga yang memngingatkan dalam kebaikan. Itulah mengapa kita harus memilih siapa yang menjadi sahabat kita, karena sahabat adalah orang yang mendekatkan kita pada Allah. Itulah mengapa kita harus belajar dan terus belajar mulai dari buaian sampai liang lahat, itulah mengapa kita harus mencintai dan mengenal Islam karena kita adalah agen muslim.

gie masih jauh dari baik, masih jauh dari benar tapi gie mau belajar...belajar untuk bisa menjadi agen muslim yang baik, belajar untuk jadi muslimah yang baik. Dengan segala perbedaan, cibiran dan cacian dengan pilihan gie, insya Allah gie tetap berdiri tegar karena gie punya Allah. Kesempurnaan hanya milik Allah, gie hanya manusia biasa yang berusaha belajar mencintai Allah dan Rasulullah walau masih banyak kekurangan. gie bukan ingin di cap sok alim atau sok tau dan sok pintar, gie hanya ingin Allah mencintai gie.

Alhamdulillah, thank you Allah for all your Blessing ^^

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^