Kebon Jida

"De, besok Jida (baca:nenek) ngajakin ke kebonnya di Bilabong sana."
"Sama siapa aja ?"
"Biasa rombongan HSA"
"Okeh"

Sabtu pagi, 09.00 WIB meluncur ke Bilabong bogor menggunakan Prego, maklum yang ikut ada 7 dewasa dan 3 anak-anak. Salah satu eprsonel HSA nggak bisa ikut karena ada acara ultah ponakan.

Dua orang personal HSA minta bertemu di cinangka, jadilah kami mengambil rute bintaro-kampung utan-ciputat-gaplek-cinangka. Ternyata macet melanda sepanjang ciputat raya menuju lebak bulus yang ujung kemacetan sampai pasar ciputat. Bayangkan betapa panjangnya, saya yang dari kampung utan harus putar balik di depan Lotte mart (ex. makro).

Selepas putar balik jalanan sedikit terhambat sampai u-turn UIN karena banyaknya kendaraan dari situ gintung akan putar balik. Selepas itu lancar sampai tip top, sedikit terhambat sebelum gaplek, karena rupanya ada wisuda dan banyak mobil peserta melalui jalan alternatif belum lagi ada perbaikan jalan sehingga angkot juga ikut jalan alternatif.

Akhirnya selepas TL gaplek cukup lancar sampai cinangka. Ternyata oh ternyata mereka menggunakan motor. Tau begitu kami langsung ke bilabong via gn. sindur dan dapat skip kemacetan dan waktu.

Sampai bilabong ternyata kelewatan sedikit, kami putar balik dan masuk ke arah desa kemang. Terus mengikuti jalan di pandu dua motor dan satu ojeg sebagai penunjuk jalan. jalanan dengan aspal sederhana dan cukup dua mobil sementara mobil kami besar dan banyak kendaraan lain serta angkot melintas. Kiri kami kali dengan lebar sekitar 2m dan kanan kami bangunan, sungguh keahlian pengemudi kami patut diacungi jempol di tengah jalan sempit, padat, berkelok dan aspal yang seadanya.

Akhirnya menjelang tengah ahri kami sampai di Kebon Jida. Aki dan Jida sudah menunggu dan sedang bersiap masak sayur asam bersama teman-temannya. Jida dan Aki sendiri belum lama sampai karena mereka terjebak macet di BSD yang ada pengecoran jalan. Padahal dari meruya mereka berangkat sekitar jam 09.00 pagi juga.

Sambil menunggu masakan, kami leyeh-leyeh di sekeliling kebon Jida yang cukup luas. Saya tidak memperhatikan ada berapa hektar luas kebon Jida. Yang saya perhatikan banyak kolam ikan isi gurame dan patin, juga berbagai macam tanaman. Jambu merah, Jambu Bol, Nanas, Jeruk Bali, Manggis, Mangga, Rambutan. Sukun, dan masih banyak lagi. Cuaca gerimis dan Jida mengajak kami menuju kebun satunya yang berjarak sekitar 500m.

"Kalau bawa anak-anak mah di sana, mau mancing enak. Ada ayunan, lagi pasang conblock (bener ga ???) terus lagi bangun villa juga. Di belakangnya sawah, Jida sama Aki kalau wiken pasti langsung ke sini deh nginep. Demen banget liat sawah, apalagi kalau padi udah pada kuning."

Akhirnya sampailah kami di kebon kedua Jida. Memang lebih luas dan rapi, kami kira kebon Jida hanya sebatas pagar besi saja, ternyata di belakangnya terhampar sawah luas dan total semua sekitar 5 hektar. Subhanallah, sungguh Indah pemandangan ciptaan Allah. Saya sampai nggak berhenti memuji-Nya sambil memandang keindahan ciptaanNya. Sekitar 30 menit kami keliling dan berhenti di sawah sambil mendengarkan Jida bercerita.

Kembali ke kolam, saya langsung duduk di ayunan dan main ayunan. Jadi inget masa TK dulu ketika saya suka sekali main ayunan dan jatuh mengakibatkan dua gigi depan saya tanggal. Selama beberapa saat saya dibilang drakula karena dua gigi depan hilang dan hanya tampak gigi taring saya saja. Tengah hari, gerimis mengundang sudah berhenti namun cuaca sungguh sempurna, tidak panas atau dingin tapi sejuk. Kami betah hingga sekitar jam 13.30 kami kembali ke kebon pertama dan makan siang.

Rute pulang kami ambil arah ke gn. sindur, tapi tidak melalui BSD melainkan pamulang-eyang agung dan tembus bintaro. Jalanan cukup lancar walau di beberapa bagian jalan rusak cukup parah padahal kanan kiri penuh dengan perumahan mulai kelas menengah sampai residence, townhouse, regency, dsb deh.
Sampai HSA jam 5.30 dan mampir di bakso pakde, menyantap bakso sampai magrib. Selepas magrib kami berpisah dan pulang ke rumah masing-masing.

thank you Aki dan Jida juga keluarga, team HSA untuk kunjungan ke kebon Jida. Seperti mengisi baterai kembali dengan sejuknya alam Bogor dan Hijaunya pepohonan dan seksinya buah-buahan. Nggak lupa bawa pulang jambu bol dan sukun, sambil menulis sambil saya menikmati manisnya jambu bol yang saya petik sabtu siang kemarin :D

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^