Dari Battembat ke Ciledug

Kuliner....salah satu kekayaan Indonesia yang tiada duanya, kemanapun, dimanapun dan kapanpun saya pergi baik sendiri maupun bersama teman pasti hal pertama yang dicari adalah kuliner khas suatu daerah yang kami kunjungi. Nah, berhubung kali ini Team Spirit berkunjung ke Cirebon, maka tugas saya membawa mereka menikmati kuliner khas kota udang.
Jum'at pagi, 12 April 2013 menjemput Team Spirit di Stasiun Kejaksan, selepas menaruh barang di Aston Cirebon, meluncurlah ke Amarta. Makan Empal Gentong dan Empal Asam. Saya dan Mujib memlih makan empal asam dan lainnya memilih empal gentong. Team Spirit sangat puas memilih empal gentong sebagai second breakfast mereka. Kuah empal gentong yang kuning keemasan menggoda dengan potongan daging sapi yang empuk digigit ditemani sepiring nasi putih hangat ditaburi bawang goreng yang seksi plus acar dan sambal kering menggoda lidah mereka. Taburan emping melinjo pun tak ketinggalan ditambahkan, bahkan salah seorang Team Spirit sampai menghabiskan tiga bungkus emping melinjo.
Peluh menetes satu demi satu tak mengurangi nikmat, ditutup dengan segelas es teh manis penghilang dahaga plus rasa pedas menggoda. Sedangkan saya memilih empal asam dengan kuah bening dan asam menggoda dari belimbing wuluh beserta irisan daun bawang kasar dan daging empal empuk menggoda. Saya memilih ditemani oleh sepiring bongko a.k.a lontong yang keras dan liat namun empuk saat digigit.
Selesai makan Empal Amarta di Battembat langsung meluncur menuju tempat meeting masing-masing, dan sorenya saya beserta papih dan koko andy meluncur menuju Ciledug. Mampir ke rumah agent tercinta ang eka. Sampai di sana disambut semangkuk tahu gejrot khas Cirebon yang tiada duanya dan ternyata saya melihat ada pepes tahu, langsung habis 4 saya makan bersama sejumput nasi hangat. Belum lagi sibuk memakan koci isi kacang hijau dan pipis asin. Buah salak dan pisang tak ketinggalan ditemani teh manis hangat menambah hangat suasana sore yang mendung selepas hujan. Ah....nikmatnya hari itu ditutup dengan makan malam di hotel.

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^