Candra Naya - Rumah Mayor Tionghoa di Jakarta




Setelah sebelumnya mengunjungi Gedung Arsip, perjalanan dilanjutkan menuju Candra Naya.
Hayo angkat tangan yang pernah mengunjungi Candra Naya atau setidaknya mengetahui mengenai bangunan bersejarah ini ??? saya yakin hanya beberapa ornag saja yang tahu.
Kalau glodok siapa yang tahu ??? pasti banyak dari anda yang sudah mengetahuinya. LTC, siapa yang pernah ke sana ??? pasti rata-rata dari anda pun sudah pernah ke sana atau minimal pernah melewatinya.
Ternyata tanpa sadar, di depan LTC persis di tengah-tengan Novotel dan Apartemen terdapat bangunan bersejarah yaitu Candra Naya sebuah rumah tinggal Mayor Khow Kim An.


Bangunan ini masih terjaga keasliannya, hanya saja taman yang ada di dalam rumah sudah dipasangi atap transparan menghindari hujan. Sedangkan bangunan di samping di relokasi kembali, dikarenakan pembangunan apartemen dan hotel di sekitarnya. Namun ornamen kayu yang ada masih tetap asli. Saat kami ke sana sedang ada acara cap go meh yang diprakarsai sebuah yayasan sosial pimpinan isteri dari bapak Akbar Tanjung dengan BTN Prioritas dan lainnya.
Menurut ibu Nani, pada saat pembangunan basement hotel, Candra Naya sempat tergenang Air 30-40 cm hingg akhirnya di berikan semen atau pembatas di sekitarnya dengan teknologi terbaru [saya lupa namanya] yang pasti menggunakan teknologi suntikan. Yang mana apabila selesai disuntik maka semen langsung mengeras.

Kelompok Ungu



Toilet

Salah Satu Ornamen di dalam rumah

Tampak depan

Lorong Samping


No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^