Pasar Malam

Jum'at adalah waktunya pasar malam di jengkol, waktu yang dinanti bagi warga sekitarnya. Akhri minggu di mana sepulang bekerja bisa mampir ke pasar malam yang ada di sepanjang Jl. Al Mubarok Raya. Malam tadi suasana cerah berangin, pedangang penuh sejak masuk jalan Al Mubarok sampai ke taman. Rupanya pasar malam di daerah jalan E sana tutup. entah kenapa sebabnya.
Banyak hal menarik di pasar malam, kalau dulu waktu saya kecil pasar malam hanya ada pada saat-saat tertentu, misalnya bulan maulud, bulan puasa atau memang ada acara atau rombongan pasar malam keliling. Tapi setahun belakangan pasar malam hampir setiap malam ada dan setiap tempat ada jadwal yang berbeda. Biasanya dalam satu kawasan pasar malam, ada beberapa pedangang tetap yang artinya berdagang keliling dari satu pasar ke pasar lainnya dalam satu minggu.
Di pasar malam pun ada berbagai retribusi mulai dari seribu hingga sepulh ribu rupiah. Belum lagi apabila ada pemutihan, maka beberapa ratus ribu rupiah pun akan keluar. Kasihan para pedagang yang hasilnya tidak seberapa tapi  harus membayar cukup banyak 'hanya' untuk lapak kecil di pasar malam.
Biasanya masing-masing daerah sudah memiliki semacam pangurus pasar malam. Ada yang pengurusannya baik seperti pasar malam di daerah AMD, dan beberapa cukup baik seperti di jengkol, larinda raya dan di daerah kwk 03. Ada juga yang tidak begitu baik di beberapa daerah lain. Enaknya di pasar malam sering kali kita mendapatkan barang dengan harga murah dan tidak semua kualitasnya murahan. banayak pedangang dari mulai mainan, aksesoris, pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik sampai urusan dapur. Semua tersedia dengan berbagai macam rupa, rasa dan harga. Tidak semua bisa ditawar, rata-rata sudah ada harga yang sangat murah dibandingkan toko ataupun pasar.
Hampir setiap minggu saya ke pasar malam, entah untuk balanja atau sekedar cuci mata. Senang melihat berbagai macam orang yang datang dan pergi, dengan gaya dan ekspresi masing-masing ketika menawar dan membeli barang, makanan atau sekedar menikmati permainan yang ada di pasar malam.
Pasar malam hiburan tersendiri bagi para rakyat sekitarnya, walau kadang para pengendara motor sangat menganggu. Sudah disediakan parkiran motor, namun beberapa membandel jalan-jalan dengan motornya yang kadang sangat menganggu pengguna jalan lain.
Buat anda yang belum pernah ke pasar malam, layak dicoba...pengalaman baru bagi anda yang ingin berbelanja atau hanay sekedar cuci mata. Murah, mudah dan tidak perlu naik turun kendaraan karena semua bisa dicapai dengan jalan kaki.

No comments:

Post a Comment

Syukron for coming ^^